-->

inilah Rahasia di Balik Doa Iftitah

Publish: Redaksi ----

Mungkin banyak orang yang belum mengetahui keutamaan dari doa istiftah. Ini dia rahasia keindahan doa istiftah yang sering kita lafalkan ketika menunaikan shalat. Lafadz ini mengartikan bahwa kita mengagungkan Allah dan meminta suatu hal atau hajat kepada Allah karena hanya pada-Nya lah kita harus meminta dan memohon.



Ini Dia Rahasia Keindahan Doa Istiftah

1. Mensucikan Allah dari semua aib dan segala kekurangan
Doa istiftah adalah doa yang berisikan bahwa kita mengagungkan Allah. Seperti yang kita tahu, bahwa Allah adalah Maha Sempurna. Tidak ada sedikit kekurangan pun yang ada pada Allah, layaknya manusia yang memiliki banyak kekurangan. Sebagai seorang hamba Allah sudah pastinya kita harus beriman dan mengakui akan kuasa Allah.

2. Menetapkan segala kesempurnan hanya milik Allah
Allah memiliki 99 nama dalam asmaul husna. Hal tersebut menunjukkan bahwa Allah memiliki kesempurnaan yang tidak dapat ditandingi oleh siapa pun dan apa pun. Dia memiliki kekuasaan yang mutlak terhadap segala ciptaan-Nya, termasuk manusia.

3. Terdapat korelasi kata-kata yang indah
Allahu Akbar berkaitan dengan Kabiira dimana semakin menunjukkan kebesaran Allah. Alhamdulillah berkaitan dengan Katsiira yang menunjukkan keterpujian Allah yang telah memberikan segala nikmat pada hamba-Nya. Sedangkan subhanallah berkaitan dengan bukrataw wa ashiila yang menunjukkan bahwa Allah disucikan dari segala kekurangan yang ada.

4. Penggabungan antara tasbih, tahmid, dan takbir
Lafadz ini adalah cara bagi kita untuk mengagungkan Allah sehingga Dia akan membukakan pintu-pintu surga bagi mereka yang membaca doa istiftah dengan baik dan menghayati maksudnya.

5. Keutamaan dua waktu
Doa ini dapat dijadikan sebagai dzikir pada pagi dan sore hari. Kedua waktu ini memiliki keutamaan dalam membaca doa istiftah.

6. Lafadz pertama sesuai degan sikap orang yang melaksanakan shalat
Ketika kita shalat dan mengucapkan doa istiftah maka berarti kita meninggalkan seluruh perkara selain Allah dimana tidak ada kaitannya dengan ibadah shalat dan mengagungkan Allah. Hal ini dikarenakan tidak ada yang lebih besar dibandingkan Allah. Oleh karena itu, ketika kita shalat berarti kita telah mengagungkan Allah melalui doa istiftah. Terlebih ketika takbiratul ihram dalam shalat maka terjadi penggabungan antara dua ucapan takbir. Takbir dan takbiratul ihram yang ada dalam doa istiftah akan memperkuat keagungan Allah. Inilah keindahan doa Istiftah Islam.

7. Memohon dijauhkan dari kesalahan atau siksa
Doa istiftah ini berisi permohonan kita agar dijauhkan dari perbuatan dosa. Artinya kita meminta petunjuk dari Allah agar selalu berada di jalan yang benar. Apabila kita dapat menghindari perbuatan dosa maka kita akan dijauhkan dari kesalahan maupun siksa api neraka.

8. Memohon disucikan dari kesalahan
Sebagai manusia biasa, pastilah kita pernah melakukan khilaf. Rasulullah telah mengajarkan bagaimana cara untuk menghapus dosa-dosa melalui taubat nasuha. Apabila kita terlanjur melakukan dosa, maka jangan berputus asa karena Allah akan mengampuni dosa setiap umat-Nya yang ingin bertobat. Ini dia keindahan doa Istiftah yang perlu kita ketahui.

9. Memohon supaya ditambah kesuciannya
Apabila selama ini kita telah berbuat baik sesuai dengan perintah-Nya, maka dengan doa istiftah ini kita meminta bahwa Allah selalu melindungi kita agar dapat melakukan perbuatan baik dan menjaga kebaikan tersebut.

Sebagai seorang muslim, kita harus selalu meningkatkan ilmu dalam Islam agar dapat melakukan ibadah dan amalan dengan dasar pengetahuan yang pasti.
Share:
Komentar

Berita Terkini