Warga Antusias Ikuti Pemberian Vitamin A di Parit 17 Tembilahan Hilir

Rabu, 14 Februari 2018

INHIL - Bulan Februari dan Agustus dikenal sebagai Bulan Vitamin A, dimana seluruh anak yang berusia 6 bulan sampai 59 bulan akan mendapatkan vitamin A gratis di Posyandu atau Puskesmas.

Menurut data WHO, diperkirakan terdapat 250 juta anak pra-sekolah di seluruh dunia mengalami kekurangan vitamin A. Setiap tahun terdapat sekitar 250.000 – 500.000 anak mengalami kebutaan dan separuh anak ini kemudian meninggal dalam jangka waktu 12 bulan akibat kekurangan vitamin A.

Di Indonesia program suplementasi vitamin A aktif dikampanyekan sejak tahun 1970-an dan masih terus digalakkan hingga saat ini. Dalam rangka ikut serta mensukseskan pemberian Vitamin A kepada anak usia tersebut Kantor Lurah Tembilahan Hilir, pada Senin 12 Februari kemarin, bersama dengan PKK mengadakan pemberian Vitamin A gratis kepada masyarakat bertempat di Posyandu Benih Gemilang parit 17.

Dari pantauan yang dilakukan dilapangan tampak masyarakat terdiri dari kaum ibu-ibu antusias mengikuti kegiatan ini, masyarakat ternyata sudah sadar akan pentingnya pemberian vitamin bagi anak, guna mendukung daya otak dan perkembangan fisiknya.

Kegiatan ini dihadiri langsung Lurah Tembilahan Hilir Rechy Sandra Dana SSTP bersama dengan istri dr Uly Hardiani Perdana yang juga merupakan Ketua TP-PKK Kelurahan Tembilahan Hilir.

Wakil Ketua TP-PKK Kecamatan Tembilahan sy. Sherly Ray Anugrah SSTP, Wakil Ketua TP-PKK kel Kelurahan Tembilahan Hilir dr Febriani beserta anggota PKK, petugas kesehatan , kader posyandu dan ortu balita.

Vitamin A atau retinol adalah salah satu vitamin yang larut dalam lemak, di dalam tubuh disimpan di hati. Vitamin A berfungsi dalam proses pembentukan dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit dan antibodi sehingga berperan dalam sistem kekebalan tubuh.


"Vitamin A juga bermanfaat bagi kesehatan mata dan kulit, menjaga kesehatan mukosa saluran pernafasan, berperan dalam proses perkembangan embrio dan reproduksi. Vitamin A juga merupakan antioksidan kuat yang dapat menangkal radikal bebas berbahaya bagi tubuh," terang dr Uly Hardiani Perdana.

Oleh karena itu, sangat penting bagi orang tua agar membawa anak mereka ke Puskesmas atau ke Posyandu atau tempat-tempat yang menyediakan pemberian Vitamin A secara gratis lainnya demi kesehatan dan kebaikan buah hati kita dimasa yang akan datang. (sya)

loading...

Rabu, Februari 14, 2018

0 komentar:

Posting Komentar

loading...