-->

Ciptakan Desa Maju di Semua Bidang Dengan Program Inovasi Desa

Publish: Redaksi ----


TEMBILAHAN - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Indragiri Hilir mengadakan sosialisasi penyedia peningkatan kapasitas teknis desa (P2KTD) dan rapat koordinasi tim inovasi kabupaten (Tik) Kabupaten Indragiri Hilir Tahun anggaran 2018, Jum'at (14/9).

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kadis PMD H Yulizal yang dalam kesempatan itu mewakili Bupati Inhil HM Wardan MP, dalam pembukaan Yulizal memberikan arahan dan plakat tanda peserta kepada perwakilan peserta yang mengikuti sosialisasi dan rakor ini. 

Yulizal menerangkan sebenarnya program inovasi desa telah ada di Inhil sejak lama hanya saja waktu itu kurang terekspos dengan baik dan belum ada nama dari program pemerintah pusat. "Kita sudah ada sejak dulu, beberapa inovasi yang berhasil kita temukan pernah menjadi yang terbaik," kata Yulizal. 

Inovasi yang pernah ditemukan di Inhil adalah dengan diciptakannya mesin perontok padi di Kecamatan Reteh, kemudian ditemukannya mesin pembelah pinang oleh Posyantek di Kecamtan Tembilahan Hulu." Tentu kedepan dengan adanya program yang diberi nama inovasi desa kedepan hal seperti ini harus banyak kita temukan lagi," paparnya. 

Yulizal berharap  para peserta yang terdiri dari perwakilan di 19 kecamatan dapat mengikuti sosialisasi dengan baik terutama dari tenaga pendamping program agar kedepan dapat membina masyarakat untuk terus berinovasi menemukan hal-hal yang baru dalam terapan kebutuhan yang dapat digunakan sesuai dengan manfaat dan peruntukannnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Zulkipli menerangkan dalam kegiatan yang diadakan selama tiga hari ini diikuti 72 peserta dari 19 kecamatan, tujuan dari kegiatan adalah memberikan gambaran skala prioritas kegiatan - kegiatan inovasi yang dapat mendorong efektivitas pembangunan. 

"Menciptakan desa maju disemua bidang melalui program inovasi desa yang nanti tentunya akan menjadi spirit baru dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat sehingga dapat terwujudnya Kabupaten Indragiri Hilir yang maju bermarwah dan bermartabat," terangnya. 

Sosialisasi ini juga dihadiri para Camat, Kadis Kominfo yang diwakili Kepala Bidang P4SDK, pendamping program dari DMIJ, P3MD, PPLEP,  dan undangan lainnya. (ard)

Share:
Komentar

Berita Terkini