-->

Lembaga Kemitraan Dan Badan Restorasi Gambut Adakan Pelatihan Pengolahan Turunan Kelapa dan Nipah

Publish: Redaksi ----

INHIL - Pada hari kamis dan jumat (5-6 Maret 2020) Kemitraan dan Badan Restorasi Gambut memberikan pelatihan pengolahan produk turunan kelapa dan nipah kepada masyarakat  di Parit Riau Jaya dan  Sungai Tanglau Desa Sungai Rukam Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir. 

Pengolahan produk dibimbing langsung oleh Tenaga Ahli Ekonomi Nasional Kemitraan untuk Desa Peduli Gambut yakni Wisnu Caroko. Pengembangan produk ini diinisiasi dari adanya potensi desa Sungai Rukam yang belum dikembangkan lebih lanjut. 

Adapun dari pengolahan produk turunan kelapa menghasilkan produk nata de coco dan keripik kelapa sedangkan dari nipah menghasilkan produk garam nipah, dodol nipah dan tepung nipah. Produk yang dikembangkan diharapakan bias mejadi produk ciri khas dan unggulan desa karena di desa sungai rukam belum memiliki produk unggulan. 

Razak selaku RT Parit Riau Jaya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan hal yang baru bagi mereka sehingga masyarakat sangat antusias.

" Selama ini nipah hanya dimanfaatkan bagian daun untuk atap. Dengan kegiatan ini masyaraat mendapatkan pengetahuan yang lebih dan kedepannya diharapkan bias dikembanfkan menjadi poduk desa,"katanya.

Sementara itu,  Ayu Aizatul Natasya selaku fasilitator Desa Peduli Gambut juga menambahkan bahwa kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk merevitalisasi ekomoni desa melalui potensi desa yang menjadi produk ungggulan desa. 

Kedepannya diharapan mendapatkan perhatian dari pemerintah desa untuk dimasukkan dalam alokasi danadesa dan pemerintah daerah agar produk-produk desa bisa lebih diterima pasaran. (***)

Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini