-->

UAS Bagikan Tips Akan Terhindar Dari Virus Corona

Publish: Redaksi ----

Indragiripos.com - Kini masyarakat dunia digemparkan dengan virus asal Wuhan China, sudah banyak yang menjadi korban tak terkecuali di tanah air. Bahkan dampaknya sangat terasa di berbagai sektor.

Di Tanah Air, virus ini menginfeksi 117 orang dengan 5 di antaranya meninggal dunia dan 8 orang lain sembuh.

Ulama kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) mengajak masyarakat tidak panik dalam menghadapi virus ini. Dia mengingatkan bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini tidak lepas karena Allah Swt.

”Kita meyakini segala musibah yang terjadi di Bumi, yang terjadi pada diri, semuanya sudah tertulis di Lauhul Mahfuz. Sebelum diwujudkan dalam bentuk nyata, itu sudah ada dalam perencanaan Allah Swt,” kata UAS dalam akun Instagram miliknya, @ustadzabdulsomad_official, dikutip Minggu (15/3/2020).

Karena itu, kata dia, bila terjadi sesuatu baik itu gempa bumi, bencana alam lainnya, musibah termasuk wabah penyakit, umat Islam hendaknya tetap melakukan langkah-langkah antisipasi atau berikhtiar.

Adapun langkah-langkah antisipasi yang dimaksud yakni senantiasa menjaga kebersihan atau kesucian tangan. Bagi umat Islam, cuci tangan ini dilakukan dalam banyak kesempatan.

”Bangun tidur cuci tangan, salat subuh cuci tangan, berwudu. Salat duha, kemudian salat zuhur, asar, magrib, isyak, lalu tahajud juga cuci tangan. Tangan kita bersih, steril,” ucap dai alumnus Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir ini.

Menurut UAS, kuman masuk dari dua jalur ke dalam tubuh manusia yakni lubang mulut dan hidung. Menurut dia, wudu juga bisa menjadi penghadang. Selain tangan bersih, mulut dan hidung bersih.

Ikhtiar selanjutnya yakni berserah diri kepada Allah. Semua mahkluk di dunia merupakan ciptaan Allah. Tak terkecuali virus yang kini menyebar.

Dalam menghadapi cobaan sekarang, UAS juga mengajak umat Islam untuk banyak bersalawat. Allah, kata dia, akan membalas dengan kebaikan 10 kali dan menutup 10 kesalahan umatnya yang berselawat kepada Nabi.

”Ketika datang setan berbisik, lawan dengan zikir. Jamga larut dalam televisi, jangan larut dalam whatsaap, larutlah dalam zikir. Berkah selalu,” ucapnya.

”Habiskan takutmu hanya untuk Allah sehingga tidak tersisa bagi mahkluk Allah. Semua ini (termasuk virus) ciptaan Allah. Ikhtiar tetap, doa tetap, berserah diri kepada Allah dan banyak-banyak beristighfar,” ucap mantan dosen UIN Sultan Syarif Kasim, Pekanbaru, Riau ini.

UAS menegaskan, siapa yang banyak beristighfar atau memohon ampun kepada Allah, segala kesempitannya akan diberikan kelapangan. Selain itu akan diberikan rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka.


Share:
Komentar

Berita Terkini