-->

TMMD ke-108 Kodim 0314/Inhil Dimulai, Dandim : Wujud Bakti TNI Bersama Lintas Sektoral

Publish: Baden Arul ----
INHIL- Bertempat di Aula Graha Bhakti Makodim 0314/Inhil, dilaksanakan Pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Imbangan Kodim 0314/Inhil Tahun 2020 dengan tema "TMMD Pengabdian untuk Negeri", Selasa (30/06/2020). 

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Bupati Indragiri Hilir (Inhil) dengan diwakili Wakil Bupati H Syamsuddin Uti dengan turut dihadiri oleh Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal, Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman, Wakil Ketua DPRD Inhil, Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cabang LIV Dim 0314/Inhil, Pengadilan Negeri, Kemenag Inhil, Kepala Badan dan Kepala Dinas di Inhil, serta tokoh masyarakat Kecamatan Tempuling dan Desa Teluk Kiambang. 

Dalam laporannya, Pasi Teritorial Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Anwarsyah Siregar menyampaikan mengenai laporan kesiapan pelaksanaan TMMD Reguler ke-108 dan TMMD Imbangan Tahun 2020 serta memberikan saran dan masukan terkait pelaksanaan TMMD yang dihadapkan dengan situasi pandemi Covid-19. 

"Program ini bertujuan membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat guna memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam rangka menyiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh di wilayah Kabupaten Inhil," ujar Pasi Ter dalam penyampaian laporannya. 

Pelaksanaan TMMD ini dimulai dari tanggal 30 Juni hingga 29 Juli tahun 2020 yang dilaksanakan di Desa Teluk Kiambang, Kecamatan Tempuling, Kabupaten Inhil. 

Sebanyak 150 personil akan terlibat dalam kegiatan ini yang terdiri dari Satgas TMMD, Tim Aksistensi, Tim Teknis, Tim Kesehatan Lapangan, Pok Komando SSK TMMD, Personil Kodim 0314/Inhil, Personil Polsek Tempuling, Personil Menwa Indra Yudha Unisi, dan Personil Pramuka Saka Wira Kartika. Dalam TMMD ini juga dibantu oleh masyarakat sebanyak 40 orang yang dilakukan secara bergantian. 

Adapun sasaran yang ingin dicapai dalam TMMD Imbangan Kodim 0314/Inhil adalah :

1. Kesamaan Visi dan Misi antar aparatur pemerintah bersama tokoh masyarakat secara terpadu dan melembaga dalam memberdayakan masyarakat serta lingkungan. 

2. Meningkatkan kesejahteraan dan kehidupan sosial masyarakat di daerah menuju masyarakat yang sejahtera dan mandiri serta memiliki ketahanan wilayah yang tangguh dalam menghadapi setiap hakikat ancaman. 

3. Terwujudnya semangat kebersamaan gotong royong dan rasa kekeluargaan dalam membangun daerah sehingga tercipta jiwa persatuan dan kesatuan yang kokoh dalam rangka menunjang terwujudnya kemanunggalan TNI dan Rakyat. 

4. Meningkatkan sarana prasarana wilayah seperti jalan dan fasilitas umum lainnya. 

5. Menggugah kesadaran masyarakat untuk berbudaya gotong royong dan partisipasi aktif dalam mendukung percepatan pembangunan daerah terutama pembangunan di pedesaan. 

Sedangkan untuk materi sasaran fisik yakni semenisasi/peningkatan Jalan Jendral Sudirman di Desa Teluk Kiambang dengan volume 483,5 M x 3,5 M x 0,12 MM dan Jalan Ahmad Yani Desa Teluk Kiambang dengan volume 100 M x 2,2 M x 0,12 M. 


Sementara itu, Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal menyebutkan dalam penyampaiannya, TMMD merupakan salah satu wujud bakti TNI bersama lintas sektoral yang berguna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di Desa. 
Sasaran dari TMMD tersebut atas permintaan masyarakat itu sendiri dengan ditinjau terlebih dahulu oleh Dinas terkait. 

"Jalan di Teluk Kiambang ini merupakan jalan penghubung untuk mengangkut hasil bumi dari masyarakat desa. TMMD ini akan kita laksanakan dengan asas kebersamaan dan gotong royong yang melibatkan banyak instansi dan masyarakat. Kami mewakili TNI mengucapkan terimakasih kepada Pemda dan seluruh instansi dan masyarakat atas bantuan dan kerjasama dalam upaya mensukseskan TMMD Imbangan di tahun ini," imbuh Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Imir Faishal.
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini