-->

Mulai Dari Bola Kasti Hingga Popok Bayi, Cara Pelaku Masukkan Narkoba ke Lapas

Publish: Redaksi ----

INHIL - Ada banyak modus yang dilakukan para pelaku menyelupkan barang haram ke Lapas Kelas II A Tembilahan mulai dari melempar bola kasti ke sel tahanan hingga lewat makanan saat berkunjung. 

Bahkan ada pula memasukkan barang haram ke dalam popok balita. Ada banyak sekali modus dari pelaku kejahatan ini meski demikian petugas tak lengah tetap terus waspada. 

"Berbagai modus banyak terjadi, seperti meletakkan sabu didalam bola kasti lalu melemparkannya ke dalam Lapas melalui ventilasi," ujar Kalapas Adhi Yanriko melalui Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) H Sukur, Jumat (17/7/20).

Namun, hal itu segera diketahui oleh petugas Lapas Tembilahan dan langsung dilakukan tindakan pengamanan.

H Sukur juga menjelaskan, modus yang paling sering dilakukan oleh penyelundup dan jaringannya adalah seperti pura pura berkunjung untuk menjenguk keluarga.

"Ada yang menyelundupkan melalui titipan buah, bahkan dalam odol gigi. Bahkan ada yang berdalih menjenguk namun berusaha menyelundupkan narkotika jenis sabu dengan menyimpannya di pempes anak kecil," tutur H Sukur.

Ketika menemui adanya bawaan benda terlarang semisal narkoba atau barang terlarang, pihaknya langsung melakukan pengamanan dan melaporkannya ke pihak kepolisian.

Maka dari itu, Lapas Klas IIA Tembilahan kini lebih menggencarkan razia sekali hingga 2 kali dalam seminggu di dalam Lapas untuk memutus peredaran barang terlarang di dalam Lapas Tembilahan.

"2 kali ataupun setidaknya seminggu sekali akan kita gelar razia secara dadakan di dalam Lapas. Ini perlu sebagai upaya antisipasi Dini. Kita juga melakukan razia terhadap kepemilikan HP Android di dalam Lapas, karena sumber awal dari masuknya barang terlarang ke dalam Lapas bersumber dari komunikasi para napi lewat HP Android," tandasnya H Sukur. (***)
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini