-->

Vaksin Corona Segera Dijual, Harganya Sekitar Rp 400.000

Publish: Redaksi ----

INDRAGIRIPOS.COM - Vaksin corona virus Covid-19 akan segera hadir pada 2021 mendatang, kisaran harganya sudah dapat diprediksi nantinya akan dijual bebas ke masyarakat. Namun ada pula yang diberikan gratis sesuai dengan kriteria. 

Skema pendistribusian vaksin Covid-19  ditetapkan lewat dua jalur, yaitu gratis dan berbayar. Untuk berbayar, harga vaksin pencegah virus corona itu paling mahal Rp438.000.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan, skema vaksin berbayar dikhususkan bagi mereka yang berpenghasilan tinggi. Berdasarkan hitung-hitungan awal, harga vaksin buatan Sinovac antara 25-30 dolar AS per orang.

"Perhitungan awal kami, vaksin ini untuk harganya 25 dolar AS atau setara Rp 365.000 hingga 30 dolar AS atau Rp 438.000 per orang. Namun Bio Farma  sedang menghitung ulang berapa harganya. Nantinya satu orang akan disuntik dua kali dengan jeda dua minggu," ujar Erick di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/8/2020) dilansir dari Inews

Erick menjelaskan, penetapan harga vaksin tersebut sesuai dengan harga bahan baku vaksin per dosis 8 dolar AS atau setara Rp 116.000 yang dibeli pemerintah. Meski begitu, dia menduga pada 2021 harga bahan baku vaksin akan turun di kisaran 6-7 dolar AS per dosis.


Harga vaksin tersebut, kata Erick, tidak berlaku bagi masyarakat kebanyakan. Dia menyebut, masyarakat yang terdaftar di BPJS Kesehatan tak perlu membayar sepeser pun untuk imunisasi massal.


Kunjungi Sulawesi Utara, Jokowi Cicipi Kopi Khas Manado
Dalam Kunjungannya ke Sulawesi Utara, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menikmati kopi khas Manado, Minggu (31/3/2019) malam. Kedatangan Jokowi mendapatkan respons positif dari ratusan warga sekitar.

Jokowi hadir didampingi sejumlah petinggi Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, Abdul Kadir Karding, dan Olly Dondokambey. Kunjungan Jokowi ke Manado merupakan bagian dari agenda kampanye terbuka Pilpres 2019.


"Vaksin bantuan pemerintah ini pendanaan melalui budget APBN, pakai data BPJS Kesehatan nanti ada vaksin gratis massal di awal tahun depan. Jadi yang terdaftar di BPJS Kesehatan gratis," ucap Pendiri Mahaka Group itu.****
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini