-->

Kampung Aji Murni Jaya Gelar Musrembang

Publish: Redaksi ----

TULANG BAWANG -  Dalam rangka meningkatkan Pembangunan prioritas ditahun 2021,yang diharapkan masyarakat Kepala Kampung Aji Murni Jaya Kecamatan Gedung Aji, Kabupaten Tulang Bawang melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Di Balai Kampung  Aji Murni Jaya Jumat(11/9). 

Hadir Kasi Pembangunan Kecamatan Gedung Aji Syahri Rhomadon,SH..MH, Kapolsek Gedung Aji, Kepala Kampung,Ketua BPK, LPMK,TP PKK, LINMAS, PEMUDA, BHABINKAMTIBMAS, Pendamping Desa, BUMKAM,Bidan Desa, POSYANDU, Tokoh Agama,  Tokoh Masyarakat dan seluruh Aparatur Kampung setempat. 

"Nirwan Kepala Kampung  Aji Murni Jaya menerangkan, Musrenbang telah menjadi istilah populer dan penganggaran daerah maka Musrenbang merupakan pondasi awal dalam perencanaan pembangunan agar efektif dan efisien. 

Musrenbang Kampung adalah Forum masyarakat tahunan yang dilaksanakan secara partisipatif oleh para pemangku kepentingan Kampung untuk menyepakati kegiatan dikampung, ujar nya. 

Kasi Pembangunan Kecamatan Gedung Aji Syahri Rhomadon,SH. .MH menyebutkan, bahwa Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kampung diselenggarakan oleh Kepala Kampung untuk membahas dan menyepakati rancangan RKP Kampung, Musyawarah tersebut dilakukan antara BPK Pemerintahan Kampung dan semua unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kampung, untuk menetapkan prioritas ,program, kegiatan kebutuhan Kampung yang dinai oleh APBKampung, Swadaya masyarakat dan APBD Kabupaten, "tutur dia. 

Dalam penyusunan prioritas kebutuhan akan dijadikan kegiatan untuk menyusun RKPKampug, Kampung harus dapat memilah apa yang jadi prioritas kegiatan kampung sendiri dan dibiayai oleh APBKampung, yang bersumber dari pendapatan Asli Kampung (PAK) Alokasi Dana Kampung (ADK) Dana Desa (DD) serta Dana Swadaya Masyarakat, dan sumber lain yang tidak mengikat, dan prioritas kegiatan Kampung yang akan dilaksanakan Kampung sendiri dibiayai oleh APBD Kabupaten, APBD Provinsi, atau APBN , jelas dia. 


Lanjut Kepala Kampung Aji Murni Jaya Nirwan Mengatakan, dengan Musrenbang itu maka pembangunan prioritas yang diharapkan oleh masyarakat Kampung yang akan diusulkan nantinya melalui Musrenbang Kecamatan untuk menjadi kegiatan pemerintah daerah (UPTD dan atau SKPD).

Selanjutnya, pihaknya membentuk Tim Delegasi Kampung yang akan memaparkan persoalan daerah yang ada Di Kampungnya pada forum Musrenbang Kecamatan untuk penyusunan program Pemerintah Daerah untuk Tahun anggaran 2021 nanti.

Nirwan berharap “Semoga kedepan program pembangunan prioritas yang diharapkan oleh masyarakat melalui musrenbang ini dapat terealisasikan dengan baik sesuai yang diharapkan.

Rls:Ansyori.
Editor:Mat.
Share:
Komentar

Berita Terkini