-->

Waduk Maliki, Potensi Wisata Kecamatan Rakit Kulim

Publish: Unknown ----







RAKIT KULIM, Indragiripos.com - Masyarakat Desa Kelayang, Kecamatan Rakit Kulim sangat berharap jika keberadaan waduk yang ada di Desa itu bisa menjadi suatu potensi alam yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setepat.


Waduk itu oleh masyarakat setempat dinamai waduk Maliki, sebenarnya sudah lama ada dan dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber air atau irigasi lahan pertanian masyaraikat setempat.


Waduk dengan luas lebih kurang 5 hektar tersebut sejauh ini belum banyak tersentuh peningkatan infrastruktur penunjang, kecuali sebuah bendungan atau pintu air yang mengatur keluar masuk air kesaluran irigasi serta jembatan permanen yang selalu dimanfaatkan masyarakat untuk sarana penhubung menuju kebun atau sawah.


Sunardi (55) salah seorang warga tempatan belum lama ini mengatakan, sejak dahulu, waduk Maliki sudah menjadi salah satu objek wisata bagi masyarakat di Kecamatan Rakit Kulim, setiap hari, ada saja warga yang datang berkunjung untuk menikmati indahnya panorama alam disekitar waduk.


"Saya rasa, jika potensi ini dikembangkan lagi, waduk Maliki pasti bisa menjadi salah satu objek wisata alam di Inhu," ujarnya.


Selain bagus untuk bidang pariwisata, keberadaan waduk tersebut juga bisa dijadikan sebagai salah satu sumber pendapatan dengan mengembangkan budidaya ikan air tawar.


Sedangkan, Sumarni (48) warga lain yang melintas diatas jembatan waduk berharap agar Pemkab Inhu bisa melebarkan jembatan yang ada pintu air sehingga dapat dilewati dengan lancar oleh masyarakat setempat.


Bupati Inhu, H Yopi Arianto yang sempat berkunjung dilokasi waduk belum lama ini mengatakan, Pemkab Inhu akan mengalokasikan anggaran untuk pengembangan waduk Maliki sesuai harapan masyarakat.


"Setelah melihat langsung, ternyata waduk ini cukup bagus untuk dikembangkan pada berbagai bidang, terutama pariwisata," ujar Bupati Yopi.


Namun, lanjut Bupati, yang paling utama dilakukan adalah peningkatan infrastruktur jalan menuju lokasi waduk, sebab jalan menuju waduk masih berupa jalan tanah yang belum tersentuh pengeresan.


Selanjutnya, waduk yang belum banyak tersentuh pembangunan fisik itu harus dibenahi secara permanen, "Saya yakin waduk ini bisa menjadi sumber rezeki bagi masyarakat setempat dan Pemkab Inhu," kata Bupati. (rz)


Share:
Komentar

Berita Terkini