-->

Olahraga Juga Sebagai Proses Detoksifikasi Tubuh

Publish: Redaksi ----


Jakarta - Detoksifikasi alias pembuangan racun dari tubuh selama ini identik dengan diet tinggi serat. Padahal faktanya detoks juga bisa dilakukan dengan olahraga. Demikian disampaikan oleh dr Grace Tumbelaka, SpKO, dari RS Jakarta, dalam diskusi media bersama Jumped: Trampoline Fit Club 'Bincang-bincang Santai Trampolin dan Manfaatnya' yang diadakan di Scientia Square Park, Serpong, Tangerang, Rabu (23/11/2016).


Ya, salah satu olahraga yang dianjurkan oleh dr Grace adalah latihan trampolin. Menurut dr Grace, latihan lompat dengan trampolin dapat memperbaiki sirkulasi pembuluh darah dan sirkulasi limfatik, sehingga meningkatkan detoksifikasi dan memperbaiki sistem imun. Efeknya, risiko inflamasi pun menurun dan mencegah penuaan dini.



"Selama ini paradigma detoks itu makan buah banyak dalam sehari. Padahal detoks itu kan sistem pengeluaran racun dari tubuh, bisa dari olahraga," tutur dr Grace. Menurut dr Grace, tubuh memiliki sistem sendiri untuk membawa dan membersihkan sisa metabolisme. Organ-organ yang berperan di antaranya hati, ginjal, kulit dan kandung empedu. Dalam proses perjalanannya, proses detoksifikasi tersebut membutuhkan sirkulasi yang baik.


"Baik dari sirkulasi pembuluh darah maupun sirkulasi limfatik, ini supaya bisa dikeluarkan dari tubuh. Kan dibuangnya dalam beberapa bentuk seperti dari buang air besar, dari napas, keringat, urine. Nah, olahraga seperti latihan trampolin ini bisa memberbaiki sirkulasi tersebut," imbuh dr Grace.

Share:
Komentar

Berita Terkini