-->

Galakan Pemberian ASI Eksklusif, RSUD PH Peringati Pekan ASI Sedunia

Publish: Redaksi ----


Guna memperingati Pekan ASI Sedunia, Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Puri Husada (PH) menggelar penyuluhan kesehatan kepada para pasien dan keluarga pasien, Rabu (8/8) pagi.

Pekan ASI sedunia kali ini, mengangkat tema, 'Menyusui  fondasi kehidupan'. Pada kesempatan tersebut, Endah Dwi Astuti AMd KEB mengulas tuntas semua manfaat dan keutamaan ASI untuk bayi maupun manfaat memberikan ASI kepada si ibu menyusui.

"Asi eksklusif adalah perilaku di mana kepada bayi sampai dengan umur 6 bulan hanya diberikan air susu ibu saja yang dihasilkan dari tubuh ibu, makanan paling sesuai untuk bayi,"ujarnya.

Kembali dijelaskannya, ASI adalah makanan terbaik untuk bayi dan mudah dicerna untuk sistem pencernaan bayi.

"ASI mengandung zat gizi berkualitas tinggi berguna untuk kecerdasan dan pertumbuhan. Selain itu juga ASI mengandung asam amino esensial yang sangat penting untuk meningkatkan jumlah sel bayi yang berkaitan dengan kecerdasan bayi. dan juga ASI mengandung zat kekebalan melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi. ASI selalu aman dan bersih, tidak pernah basi, mempunyai suhu yang tepat dan mengandung zat antibodi,"jelasnya.

Berbagai keuntungan bagi ibu yang memberikan ASI kepada anaknya, selain mudah pemberiannya, juga Mempererat hubungan kasih sayang, interaksi antara Ibu dan bayi yang penting untuk perkembangan kejiwaan mental anak dan higienis yaitu dari dalam tubuh ibu serta ekonomis.

"Jadi, cara meningkatkan produksi ASI dengan melakukan persiapan menyusui saat ibu sedang hamil. Susuilah bayi segera setelah bayi lahir. Susuilah bayi sesering mungkin semakin sering bayi menghisap puting susu semakin banyak ASI yang keluar. Susuilah bayi dari kedua payudara yang kanan dan kiri secara bergantian pada setiap kali menyusui. Jangan memberikan makanan dan minuman lain selain ASI sampai dengan usia bayi 6 bulan,"paparnya.

Cara menyusui yang baik dan benar, Endah menuturkan, sebelum menyusui sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu. Bersihkan puting susu dengan air hangat Kemudian dilap dengan kain yang bersih. Letakkan kepala bayi pada lengkung siku dan bokong bayi ditahan dengan telapak tangan. perut bayi menempel pada badan ibu telinga dan lengan bayi terletak pada satu garis lurus. waktu mulai menyusui peganglah bagian bawah payudara dengan ke empat jari dan ibu jari diletakkan di bagian atas payudara. sentuhkan putih pada bibir atau pipi bayi untuk merangsang agar mulut bayi terbuka lebar. Masukkan seluruh puting dan sebagian lingkaran di sekitar puting (areola)  kemulut bayi. Ibu dan bayi berada dalam keadaan santai, tenang dan nyaman.tania
Share:
Komentar

Berita Terkini