-->

Heboh.. 8 Daerah di Arab Saudi Dituruni Salju!

Publish: Redaksi ----

Fenomena aneh terjadi di Arab Saudi,  daerah tandus dan panas dengan padang pasir yang sangat luas ini dituruni salju. Kejadian yang tidak biasa ini menjadi perhatian dan perbincangan publik. 

Jika secara sekilas dibayangkan daerah yang panas dan tandus sangat tidak mungkin turun salju. Biasanya salju berada di daerah dengan suhu udara dingin dan jarang terjamah matahari 

Pekan ini, Dirangkum  dari berbagai media Timur Tengah, kawasan gurun di Provinsi Tabuk sedang dilanda salju. Salju menutupi kawasan pegunungan dan gurunnya.

Salju di Tabuk telah turun sejak hari Jumat (10/1). Diyakini, sampai akhir pekan ini

Tabuk pun berbatasan dengan negara Yordania. Tabuk adalah provinsi berada di bagian barat laut Arab Saudi. Ibu kota provinsinya adalah Tabuk, yang dihuni sekitar 500 ribu penduduk. 

Dilansir dari laman resmi Saudi Arabia Tourism, Tabuk punya julukan 'The Jewels of Saudi Arabia'. Sebab, lanskap alam dan sejarahnya yang menawan.

Tabuk cukup jauh dari kota-kota penting di Arab Saudi misalnya Makkah, Madinah, atau ibu kota negaranya, Riyadh. Jarak Riyadh ke Tabuk sekitar 1.400-an km. Naik mobil dari Riyadh ke Tabuk, bisa memakan waktu 12 jam. Enaknya naik pesawat, cuma 2 jam.

Nama Tabuk tentu tak asing bagi sebagian orang. Tabuk merupakan medan pertempuran terakhir yang diikuti oleh Nabi Muhammad SAW sebelum wafat.

Dilansir dari surat kabar Syarq al-Awsat, salju telah turun sejak Sabtu (11/1/2020) lalu dan diprediksi akan berlangsung sampai dua atau tiga minggu ke depan.

Tiga wilayah yang tertutupi salju di Provinsi Tabuk adalah Jabal al-Lawz, Jabal ad-Dahr dan Alqan.

Suhu di ketiga kota tersebut bahkan mencapai 0 derajat celcius di malam hari dan sempat turun hujan.

Mengenal Tabuk lebih dekat, provinsi ini merupakan salah satu suguhan Arab Saudi untuk turis. 

Kawasan Tabuk sangat mengundang daya tarik bagi wisatan, ada pegunungan berwarna merah. Batuan disana dengan bentuk yang unik, jadilah tempat ini sangat memukau dikunjungi bahkan sekilas seperti planet lain. 

Di gua-gua pada pegunungannya, peneliti dari Saudi Commission for Tourism and National Heritage (SCTNH) menemukan banyak lukisan purba di Tayma, suatu kawasan kota tua.

Lukisan-lukisan purba itu diyakini berumur ribuan tahun. Tentu, Tayma menjadi destinasi wisata yang unik dengan lukisan purbanya tersebut.

Fenomena turun salju di Arab Saudi sebenarnya bukan hal yang baru. Beberapa wilayah selain Tabuk yang pernah bersalju adalah Turaif, Sakaka, Rafha, Riyadh, Arar, Ha'il, dan Taif.

Fenomena turun salju di Arab Saudi sendiri diyakini oleh perubahan cuaca ekstrem di gurun. 
Share:
Komentar

Berita Terkini