-->

Kue Peler Bedebu, Rasanya Enak Kenyal dan Bikin Ketagihan

Publish: Redaksi ----

Kue peler bedebu adalah makanan khas masyarakat yang ada di kepulauan seribu, rasanya yang enak kenyal dan bikin kamu ketagihan. Kue ini mirip dengan kelepon berbahan dari ubi yang ditumbuk halus di campur dengan tepung. 

Mendengar namanya yang aneh bikin kamu agak kaget, tapi jangan berpikiran kotor dulu,  Kue ini mempunyai rasa yang enak,  sekali coba pasti bikin ketagihan. Benerenn.. 

Ternyata kue ini punya ciri yang sama dengan kue klepon. Bahan baku utama untuk membuat kue ini adalah ubi yang ditumbuk lalu dicampur tepung sagu. Adonan ini kemudian diisi dengan gula merah dan dimasak dengan cara dikukus hingga matang.

Setelah matang kue ini diberi taburan kelapa parut. Kue peler bedebu dari keterangan warga Kepulauan Seribu sudah ada sejak lama,  meski baru-baru ini tengah viral di jagad maya. 

Diperkirakan Kue peler bedebu disebut-sebut sudah ada sejak tahun 1970-an. Nama kue ini kabarnya berasal dari candaan masyarakat yang melihat bentuk dan tekstur kue yang lembek serta ditutupi taburan ampas kelapa.

Mungkin bagi kita pertama kali mendengar nama kue ini agak aneh dan namanya kok begitu ya.?  Namun bagi masyarakat Kepulauan seribu,  Jakarta ini menjadi hal yang sudah biasa saja. 

Masyarakat Kepulauan Seribu juga punya aneka kue dengan nama unik lainnya seperti kue janda mengandang, kue selingkuh, kue janda kecemplung hingga kue uler bulu.


Share:
Komentar

Berita Terkini