-->

Pengawasan Bidang Kesehatan, Komisi IV DPRD Kabupaten Inhil Kunker ke Puskesmas Sungai Salak

Publish: Baden Arul ----
INHIL- Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Puskesmas Sungai Salak yang berada di Kecamatan  Tempuling, Rabu (26/02/2019). Hal itu dilakukan untuk mewujudkan kualitas pelayanan kesehatan yang baik dan layak bagi seluruh masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka  monitoring dan evaluasi pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas setempat.

Hj. Okta Hasanatan, S.Ag, H. Alwi Effendy, dan Marzuki yang didampingi oleh R. Subowo Rudianto selaku Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegah Penyakit Dinas Kesehatan meninjau kondisi Puskesmas Sungai Salak tersebut bersama Kapuskesmas.

Usai melakukan kunjungan kerja di Puskesmas Sungai Salak tersebut, Hj. Okta Hasanatan, S.Ag Sekretaris Komisi IV DPRD Inhil, mengungkapkan bahwa beberapa anggota Komisi IV DPRD Inhil  kemarin meninjau lokasi Puskesmas dan alat-alat perlengkapannya.

"Kita sangat menyayangkan, kondisinya tidak sesuai, banyak ruangan yang terkesan sempit untuk digunakan. Harapan kita pemerintah dapat membantu untuk membangunkan bangunan baru. Kita usahakan untuk perehaban agar bangunan diperbesar. Nanti hal ini akan kita usulkan saat hearing," ujarnya.


Bahan dan informasi tersebutlah, menurut Hj.Okta, yang akan menjadi bahan dasar pihaknya untuk nanti dibahas bersama eksekutif dalam hal ini dinas kesehatan, sehingga jika ada kendala atau permasalahan yang ada bisa segara diselesaikan.

“Tentu tujuan kita perbaikan pelayanan dan semuanya bermuara kepada kepuasaan masyarakat,’’ tegasnya.


Untuk diketahui, UPT Puskesmas Sungai Salak berdiri pada tahun 1980 dengan memiliki luas tanah +/- 1.000 meter persegi dan luas wilayah kerja +/- 69,1 Km persegi.  Rehabilitasi bangunan tahun 2006 di atas tanah 133 x 67 meter persegi.

Pada tahun 2011 UPT Puskesmas Sungai Salak mendapat tambahan bangunan yang digunakan untuk UGD dan rawat inap dengan luad 18x18 meter persegi, yang terletak di  ibukota Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tepatnya di Kecamatan Tempuling, Jalan Propinsi RT.006/RW.002 Kelurahan Pangkalan Tujuh.

Penilaian Akreditasi puskesmas dilakukan pada tahun 2017, dan UPT Puskesmas Sungai Salak mendapat predikat "Akreditasi Madya" .

UPT Puskesmas Sungai Salak memiliki wilayah kerja yang terdiri dari 4 Kelurahan dan 5 Desa, yakni :

1. Kelurahan Sungai Salak
2. Kelurahan Tempuling
3. Kelurahan Pangkalan Tujuh
4. Kelurahan Tanjung Pidada
5. Desa Teluk Jira
6. Desa Mumpa
7. Desa Karya Tunas Jaya
8. Desa Teluk Kiambang
9. Desa Harapan Jaya

Kepala UPT Puskesmas Sungai Salak, Saiful Ahwan, S.Kep menanggapi terkait kunjungan Anggota DPRD Inhil Komisi IV, Selasa (10/03/2020) di ruang kerjanya.

"Kemarin kita sama sama melihat kondisi Puskesmas dan sama-sama mengetahui keadaannya. Kami dari pihak Puskesmas Sungai Salak mohon kepada bapak ibu agar kiranya bisa mencarikan solusi dan bisa mengawal membantu untuk melancarkan  proposal usulan pembangunan Puskesmas tersebut. Dan kami dri UPT Puskesmas Sungai Salak mengucapkan terimakasih  kepasa bapak ibu, mudah mudahan kedepannya UPT kita bisa memiliki gedung sendiri yang tentunya lebih luas yang kita harapkan bisa memaksimalkan pelayanan yang ada di Puskesmas Sungai Salak ini," paparnya kepada awak Media

Kapuskesmas menambahkan, bahwa pihaknya akan terus melakukan pelayanan dengan semaksimal mungkin walau dengan kondisi sekarang ini.

Kita akan memaksimal pelayanan agar nantinya dapat berjalan dengan baik. Kami harapkan kepada bapak ibu DPRD Komisi IV  4 Inhil beserta instansi terkait, yang nanti nya agar Puskesmas bisa terealisasi sesuai dengan proposal yang kita ajukan," timpalnya.

Setelah ini, ia menyampaikan Komisi IV DPRD Inhil bersama Dinas Kesehatan Inhil dan pihak terkait lainnya akan menggelar pertemuan untuk membahas persoalan tersebut. Diharapkan, pihak-pihak terkait bisa bersinergi untuk mewujudkan kebutuhan layanan kesehatan yang prima bagi masyarakat.
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini