-->

PT MSK Gelar Sosialisasi Terpadu Tahun 2020

Publish: Redaksi ----

GAUNG - PT Mutiara Sabuk Khatulistiwa (MSK) gelar kegiatan rutin tahunan, yakni sosialisasi kepada masyarakat sekitar terkait kegiatan perusahaan, Selasa (17/3) digedung serbaguna PT MSK.

Sosialisasi tersebut dipimpin langsung oleh pimpinan perusahaan PT MSK Faisal Amir. Juga tampak hadir dalam sosialisasi tersebut Kepala Desa Simpang Gaung Syamsul S SI, Kepala Desa Teluk Kabung, Babinsa Simpang Gaung Serda Guntur S, Bhabinkamtibmas Simpang Gaung Aiptu Syelfa Endri, Bhabinkamtibmas Teluk Kabung Aipda Afrizal, serta masyarakat dilingkungan perusahaan.

Adapun beberapa  materi yang di sampaikan  pada kegiatan  sosialisasi terpadu tersebut di antaranya visi PT MSK, tata ruang  IUPHH.HA PT MSK,  pencegahan dan pengendalian karhutla, nilai konservasi tinggi( NKT)  pemanpaatan hasil hutan bukan kayu  (HHBK), jenis flora dan fauna yang di lingdungi hak-hak masyarakat di sekitar konsesi rencana kerja tahun (RKT) tahun 2020, tata batas konsesi  program pemberdayaan masyarakat desa hutan (PMDH) tahun 2020, tata ruang dan fungsi kawasan lindung.

"Melalui sosialisasi ini diharapkan bisa semakin memperkuat hubungan yang harmonis antara perusahaan dan masyarakat yang berada disekitar perusahaan, terutama dalam hal saling senergi terhadap kegiatan pencegahan  dan penanganan kebakaran hutan dan lahan," Kata Faisal Amir.

PT MSK selalu berupaya semaksimal munkin untuk melibatkan masyarakat  terutama yang sipatnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui beberapa program yang dimiliki oleh perusaahan," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut Bhabinkantibmas Simpang Gaung, Aiptu Syelfa menyampaikan maklumat kepolisian bahwa masyarakat dilarang membakar hutan dan lahan.

"Hal ini mengacu pada peraturan perundang- undangan yang berlaku yang di dalamnya menyebutkan bahwa masyarakat dilarang membakar hutan dan lahan jika terdapat titik api mohon kepada setiap unsur baik perusahaan masyarakat dan pemerintah untuk saling bahu membahu dalam penanganan api," tegasnya. 

Sementara itu, Babinsa Simpang Gaung Serda Guntur S menyambut baik sosialisasi tersebut yang menurutnya memberikan dampak pada kesejahteraan  masyarakat terkait penanganan karhutla, khususnya desa Teluk Kabung dan desa Simpang Gaung.

Hal senada juga di sampaikan Kepala Desa Teluk Kabung, Fakhrudin ia mengucapkan terima kasih kepada pihak Perusahaan yang sudah memberikan  bantuan dan program kepada masyarakat Desa Teluk Kabung yang tidak hanya bantuan personil tetapi juga bantuan berupa peralatan dalam upaya mencegah dan penanganan karlahut.

"Mewakili masyarakat Desa, kami mensupport kegiatan yang di lakukan oleh Bhabinkamtibmas dan babinsa,  selain itu pihak desa juga konsen terhadap pendeteksian hotspot yang tentunya bekerjasama dengan perusahaan dan kepolisian dalam melakukan verifikasi hostpot," katanya.

Fakhrudin juga menghimbau masyarakat untuk saling bekerjasama  dalam memberikan informasi terkait keberadaan hostpot agar dalam hal  verifikasi bisa segera dilaksanakan.

Sementara itu kepala Desa Simpang Gaung Syamsul S.SI juga mengucapkan terima kasih terhadap bantuan baik personil maupun peralatan dalam hal   pencegahan dan penanganan karhutla.

Selain itu kades berharap pihak perusahaan bisa memberikan bantuan untuk perbaikan jalan yang menghubungkan antara desa Teluk Kabung dengan desa Simpang Gaung agar apabila terjadi sesuatu yang bersifat emergency bisa dengan cepat ditempuh masyarakat.

Kita semua berharap tindak lanjut dari program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) yang telah dibentuk agar terus di monitoring dan pihak perusahaan bisa memberikan bantuan untuk pelatihan  pengoprasian sarpras tersebut," kata syamsul.(Amir)
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini