-->

Tinggal di Gubuk Mirip Kandang Hewan, Wanita Janda Ini Perlu Uluran Tangan

Publish: Redaksi ----

INHU - Hidup di Negeri yang Kaya akan hasil bumi dan alam yang melimpah, ternyata tidak menjadi ukuran dan patokan untuk sebuah kesejahteraan penduduk yang ada di daerah itu.

Melainkan, potret kesenjangan sosial kian terpampang nyata. Seperti yang dialami Isal (40), warga Desa Anak Talang, Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau ini.

Kehidupan wanita malang itu, saat ini jauh dari kata layak seperti orang kebanyakan. Untuk bertahan hidup dan memenuhi kebutuhan sehari-hari, janda tiga anak itu hanya menunggu uluran tangan para dermawan.

Miris memang, tapi apalah daya dan upaya yang bisa dilakukan oleh wanita kurus kering, bisu dan tuli, serta rabun senja tersebut.

Saat ini dia (Isal, red), tinggal sendirian. Sementara ke tiga anaknya yang masih kecil-kecil, telah diadopsi orang lain yang juga warga Desa Anak Talang, kata Abdul Amin (34), Kepala Dusun 002 Desa Anak Talang kepada wartawan Jumat, 03/04/2020 .

Dituturkan Amin, keseharian wanita penyandang disabilitas itu, tinggal di sebuah rumah yang pantas disebut gubuk yang hanya berukuran 3 x 3 meter. Semua sisi gubuk, terbuat dari daun rumbia yang ditopang beberapa potongan kayu.

Ironisnya lagi, jika hujan mengguyur daerah itu, bagian dalam gubuk berobah menjadi becek lantaran digenangi air. Karena, lantai gubuk itu terbuat dari keramik yang belum jadi alias dari tanah.

Jika boleh bila  bandingkan, gubuk derita yang ditempati bu Isal itu, lebih jelek dari pada kandang ternak para pejabat dan elit politik yang ada di negeri ini,  ketus Amin.

Bu Isal tersebut sambung Amin, masih memiliki beberapa keluarga kandung yang saat ini tinggal menempati rumah peninggalan orangtua mereka. Akan tetapi, semua keluarganya bernasib sama dengan dia, yaitu bisu dan tuli.

Dengan demikian, dirinya sangat berharap kepedulian dan bantuan Pemerintah, baik itu Pemkab Inhu, maupun Pemprov Riau untuk membangunkan tempat tinggal yang layak bagi wanita malang itu.

Dan kepada para dermawan yang hendak menyalurkan bantuan, guna membantu meringankan beban dan derita janda yang terabaikan ini, dapat menghubungi nomor ini, 0853 6333 3037 atas nama Abdul Amin, "tutupnya. ( jhs)

Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini