-->

Dukung Ketahanan Pangan, Babinkamtibmas dan Penyuluh Pertanian Desa (PPL) Sampaikan Motivasi Pada Kelompok Tani

Publish: Baden Arul ----
INHIL-Dalam rangka meningkatkan produksi pertanian dimasa Pandemi Covid-19, Babinkamtibmas dan Penyuluh Pertanian Desa (PPL) terus memantau perkembangan tanaman dan memberikan motivasi kepada Kelompok Tani Desa Sialang Panjang, Polsek Tembilahan Hulu, Sabtu (1/8/20).

Pengelolaan ketahanan pangan tersebut dalam rangka mendukung Ketahanan Pangan Nasional.

Kegiatan yang dilaksanakan yaitu pemantauan dan pembersihan lahan yang berlokasi di jalan Sakoi Blok B RT 02 RW 01 Dusun Benua Langkar Desa Sialang Panjang, jalan HM Nafiah Blok B RT 02 RW 01 Desa Sialang Panjang dan jalan HM Nafiah Parit 04 Dusun Pandan Sari Desa Sialang Panjang.

Dengan luas lahan 2 hektar yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Desa Sialang Panjang Bripka Ridho Warsika, Penyuluh Pertanian Desa Sialang Panjang Bero, Anggota Kelompok Wanita Tani Mekar Sari Juraidah dan anggota kelompok Tani Pemuda Dusun Benua Langkar Heriansyah.

Adapun jenis tanaman dan hewan yang dipelihara dan diternak ketahanan pangan Desa Sialang Panjang, Polsek Tembilahan Hulu adalah;
1. Kacang Panjang
2. Timun
3. Jagung
4. Terong
5. Bebek Petelur

Kapolsek Tembilahan Hulu AKP Rhino Handoyo berharap dengan adanya ketahanan pangan di wilayah Polsek Tembilahan Hulu, tersedianya lahan untuk ketahanan pangan guna menghadapi krisis pangan akibat pandemi Covid-19.

"Selain itu terciptanya hubungan kerjasama yang baik antara Polri dan kelompok Tani dalam ketahanan pangan ini, agar kedepannya hasil tanaman yang akan ditanam bisa membantu warga terkhusus bagi masyarakat Desa Sialang Panjang di tengah pandemi Covid-19," jelas AKP Rhino.

Dari hasil pengamatan hari ini, kacang panjang yang pernah di panen perdana oleh Kapolres Inhil terus tumbuh subur yang diperkirakan tanaman ini akan panen sebanyak 15 kali.

"Puncak hasilnya akan terjadi pada panen ke 5-7, target kita panen tanaman di lokasi ketahanan pangan Desa Sialang Panjang tidak pernah putus karena tanaman terong dan timum sudah berbuah siap akan di panen sebentar lagi," ujarnya.

Selain tanaman pangan juga ada bebek petelur yang sudah mulai bertelur.

"Telur-telur itu akan kita gelorakan ke masyarakat agar di olah menjadi telor asin, mengingat harganya lebih mahal dan tahan lama. Selain itu kita bersama masyarakat kedepan akan menanam buah semangka, gambas dan buncis," ungkap Kapolsek.

AKP Rhino selaku Kapolsek mendukung penuh kegiatan bhabinkantibmas, PPL dan Kelompok Tani Desa Sialang Panjang

"Semoga Desa Sialang Panjang ini benar-benar menjadi desa yang mandiri dengan ketahanan pangannya, karena menurut pantauan saya di desa ini sudah lengkap dengan ketahanan pangannya mulai dari pertanian (padi, sayur, buah-buahan) dan peternakan (bebek petelur) serya perikanannya," imbuhnya.

Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini