-->

7 Manfaat Bunga Kenanga Bagi Kesehatan

Publish: Redaksi ----

Bunga kenanga atau ylang ylang lulus bunga yang asing bagi masyarakat Indonesia. Bunga yang wangi ini sering dipakai untuk berbagai keperluan. 

Warnanya kuning, bentuknya seperti bintang, dan wanginya sangat khas. Aroma bunga kenanga bahkan telah digunakan oleh sederet merek parfum terkenal di dunia.

Namun mungkin belum banyak yang tahu bahwa bunga ini bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan, manfaatnya sudah dibuktikan lewat beberapa penelitian.
Bunga yang dipetik dari pohon kenanga (Cananga odorata) ini tumbuh di berbagai negara Asia, seperti Malaysia, Filipina, dan Indonesia tentu saja. Lalu apa saja manfaat bunga kenanga untuk kesehatan, baik yang terbukti melalui penelitian atau pun yang tidak dipercaya masyarakat? 

Bahkan, bunga kenanga dapat dibeli secara online, baik dalam bentuk kering maupun yang telah diolah menjadi minyak atsiri.


Penelitian membuktikan bahwa bunga kenanga atau ylang ylang dapat mengatasi gangguan cemas dan meningkatkan rasa percaya diri. Manfaat ini dapat dirasakan saat kita mengoleskan minyak atsiri bunga kenanga ke kulit atau menghirup aromanya.
Tidak hanya itu, sebuah riset juga membuktikan bahwa bunga kenanga dapat meningkatkan suasana hati karena aromanya yang menenangkan.

2. Meredakan stres

akibat pekerjaan yang menumpuk? Cobalah hirup aroma minyak atsiri bunga kenanga yang harum cobalah itu.

Dalam penelitian Phytotherapy jurnal, mengoleskan minyak atsiri ylang-ylang ke kulit atau menghirupnya disebut dapat meredakan stres.

3. Menenangkan pikiran

Manfaat bunga kenanga selanjutnya menenangkan pikiran. Khasiatnya yang satu ini berdasarkan penelitian yang telah diterbitkan oleh International Journal of Neuroscience.

Kita bisa merasakan khasiat bunga kenanga yang satu ini dengan cukup mudah; yaitu dengan menghirup aroma minyak atsirinya.

4. Mengatasi hipertensi

Ternyata ada manfaat lain dari bunga kenanga yang bisa kita rasakan. Selain meningkatkan kesehatan mental, bunga kenanga juga baik bagi kesehatan fisik secara total.

Bayangkan saja, kemampuan bunga kenanga dalam menurunkan tekanan darah tinggi sudah dibuktikan lewat percobaan.
Dalam penelitian itu, 83 pasien hipertensi melayani untuk menghirup berbagai macam minyak atsiri, salah satunya minyak kenanga. Hasilnya, tekanan darah tinggi dan hormon stres (kortisol) pun dapat berkurang.

5. Mengobati infeksi jamur

Saat dioleskan ke kulit, bunga kenanga dipercaya dapat mengobati infeksi jamur, terutama Candida albicans.
Sebab, bunga kenanga mengandung linalool, senyawa yang memiliki efek antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi. 

6. Mengatasi kulit kepala kepala kering

Tahukah kamu kalau minyak atsiri bunga kenanga dapat mengatasi kulit kepala kering?
Khasiatnya yang satu ini juga sudah dibuktikan lewat penelitian yang diterbitkan Indian Journal of Dermatology. Sebab, bunga kenanga dapat merangsang produksi sebum.
Campurkan lima tetes minyak atsiri bunga kenanga dengan dua sendok teh minyak almond atau zaitun hangat, kemudian oleskan di bagian kulit kepala.
Setelah itu, jangan lupa untuk membungkus kepala Anda dengan handuk. Diamkan selama 30 menit dan bilaslah hingga bersih.

7. Meningkatkan gairah seks

Meski belum terbukti secara ilmiah, manfaat bunga kenanga yang satu ini dipercaya sebagai pengobatan tradisional untuk meningkatkan libido atau gairah seksual.

Namun, karena khasiat bunga kenanga ini belum terbukti medis, sangat baik kamu tidak begitu saja. Berkonsultasilah dengan dokter yang merasakan gairah seks.

Efek samping bunga kenanga

Hati-hati, bunga kenanga mengandung beberapa alergen (pemicu alergi) seperti isoeugenol. Komponen yang satu ini dapat menyeba


Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini