-->

Antisipasi Rabies, DTPHP Inhil Gelar Vaksinasi

Publish: Baden Arul ----
INHIL-Dinas Tanaman Pangan, Pertanian, Holtikultura dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan kegiatan vaksinasi rabies gratis di halaman Kantor DTPHP Jalan Pangeran Diponegoro, Tembilahan, pada Senin (28/09/2020) lalu. 

Kepala Dinas Peternakan H Fajar Husin melalui Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Ngadiyo SST mengatakan, kegiatan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Rabies Sedunia yang  diperingati setiap tanggal 28 September.

Dalam menyambut hari rabies sedunia tersebut, Dinas Peternakan melakukan pemberian vaksin rabies kepada masyarakat yang memiliki hewan peliharaan.

"Setiap tahun bertepatan tanggal 28 September sebagai hari rabies sedunia, kami melaksanakan pemberian vaksin rabies gratis untuk masyarakat yang memiliki hewan peliharaan," kata Ngadiyo kepada wartawan media , Selasa (29/09/2020). 

Dikatakannya, pada Senin tanggal 28 September 2020 kemarin, sejak pagi banyak pemilik hewan peliharaan berdatangan sembari duduk di bawah tenda yang telah disediakan di halaman Dinas Peternakan  dengan membawa sejumlah hewan peliharaan mereka seperti kucing dan anjing.

Petugas kemudian meminta pemilik hewan untuk melakukan pendataan terlebih dahulu hewan peliharaannya. Kemudian seusai di data pemilik hewan dapat membawa hewan peliharannya ke meja petugas yang bertugas untuk meyuntikan vaksin.
Setelah disuntikan vaksin rabies, pemilik hewan diperbolehkan membawa kembali hewan peliharannya masing-masing.

Menurut hasil pendataan, sebanyak 150 ekor hewan peliharaan yang terdiri dari Anjing 21 ekor dan 129 ekor kucing disuntik vaksin oleh para petugas dan dokter hewan yang melakukan vaksinasi. Hingga hari ini juga pihak Dinas Peternakan sempat melayani vaksinasi terhadap 9 ekor kucing. 

"Melalui kegiatan ini juga kita membantu memasyarakatkan perihal pentingnya agar masyarakat selalu dan rutin melakukan vaksinasi terhadap ternak maupun peliharaan mereka untuk menghindari bahaya rabies agar tidak menularkan kepada manusia,  sehingga Inhil bebas rabies. Dan alhamdulillah, antusias masyarakat di Inhil ini cukup tinggi," sebut Ngadiyo kepada wartawan Medialokal. 

Sementara itu, drh Afrina Hamalia selaku Medik Veteriner di Dinas Peternakan mengharapkan agar masyarakat dapat menyadari pentingnya vaksinasi terhadap hewan ini agar ke depan jangan sampai hewan-hewan peliharaan dapat tertular dan menularkan ke hewan lain maupun ke masyarakat. 

"Kita harus ekstra hati-hati untuk memelihara hewan seperti anjing, kucing, dan kera yang berpotensi besar menularkan rabies. Kita himbau juga kepada masyarakat agar segera melapor ke petugas dinas, dokter hewan, dan petugas yang membidangi hal itu jika seandainya terjadi kasus gigitan atau kasus rabies agar penanganan dapat dilakukan dengan segera untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan," tuturnya.
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini