-->

Warga di Inhil Dapat Sosialisasi Pembangunan Tol Sumatera

Publish: Redaksi ----
INHIL - Beberapa kecamatan yang sosialisasi terkait dengan rencana pembangunan trans Sumatera Rengat-Jambi. Beberapa ruas akan melindungi wilayah Kabupaten Indragiri Hilir.

Tim persiapan lahan yang diwakili Kabid Pertanahan dan Penataan Ruang Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau Iwan Suryawan mengatakan, tahapan sosialisasi ini sesuai dengan, amanat Perpres 71 Tahun 2012 yang mengatur tentang tugas-tugas persiapan pengadaan tanah, dan menjadi tahapan penting harus dilakukan.

Dalam pengerjaan tol trans sumatera tentunya akan berimbas pada laham warga yang dilintasi tol. Warga tentu harus diberitahukan agar kedepan tidak terjadi salah faham. 

"Ini penting supaya tidak terjadi simpang-siur informasi di tengah masyarakat sehingga menimbulkan masalah di kemudian hari. Kami juga menyampaikan bahwa pemerintah perlu dukungan masyarakat untuk mewujudkan infrastruktur ini," kata Iwan, Kamis (10/9/2020) dilansir dari goriau. 

Adapun tugas tim persiapan pengadaan lahan untuk tol, memberikan pemberitahuan secara langsung (sosialisasi), pendataan awal lokasi, konsultasi publik, persiapan penetapan lokasi (penlok), lalu diumumkan.

Tahapan-tahapan ini, kata dia merujuk pada Surat Keputusan Gubernur Riau Nomor Kpts.1095/VI/2020 tanggal 25 Juni 2020 tentang Pembentukan Tim Persiapan Pengadaan Tanah Pembangunan Jalan Tol Ruas Jambi-Rengat.

Dijelaskannya pada tahapan awal, pihak terkait dan perangkat pemerintahan terkecil harus mengetahui rencana proyek. Lalu tim dari Kementerian PUPR melakukan pemasangan patok di lokasi untuk memperoleh data-data awal

Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana Jaya menegaskan, bahwa tahapan konsultasi publik yang dilakukan oleh tim harus berjalan dengan maksimal. Pada tahapannya ini segala masalah dan negosiasi harus diselesaikan.

"Biarlah kita gontok-gontokan, berdebat pada tahap ini. Karena konsultasi publik ini akan sangat menentukan kelancaran pembangunan proyek tol Jambi-Rengat," jelasnya.

Dia mengatakan, tahapan sosialisasi sudah dimulai dan berjalan. Warga diharapkan bisa mengerti dan memberilam dukungan terhadap rencana pembangunan jalan tol Jambi-Rengat. Kehadiran tol perhentian akan mengangkat ekonomi masyarakat daerah di Riau, kedepannya. ***
Share:
Komentar

Berita Terkini