-->

Kerjasama KPS dan Gasebu, 13 Pasien Katarak Bisa Melihat Kembali

Publish: Redaksi ----

INHIL - Gerakan Sosial Sepuluh Ribu (GASEBU) Kecamatan Reteh bekerja sama dengan Komunitas Pecinta Sedekah (KPS) Pekanbaru hari ini Minggu (31012021) kembali menyelesaikan tahap 2 kegiatan memfasilitasi sebanyak 13 pasien yang menjalani operasi katarak di Rumah Sakit Mata PBEC Pekanbaru.

Ketua Gasebu H Jalaluddin Husain mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan dari kegiatan pemeriksaan mata katarak gratis yang kita laksanakan pada tanggal (12/01/2021) yang lalu di Sekretariat GASEBU Jalan SMP Pulau Kijang. 

Dimana pada kegiatan tersebut diikuti oleh 140 pasien yang menjalani pemeriksaan dari 180 pasien yang mendaftar. Dan setelah pemeriksaan dilakukan dokter spesialis mata dari Rumah Sakit PBEC Pekanbaru 42 pasien yang bersedia untuk menjalani operasi. Tahap 1 dilaksanakan pada Kamis (21012021) sebanyak 23 pasien. Jadi 36 pasien sudah menjalani operasi dan semua berjalan dengan lancar.

"Kami dari komunitas terimakasih kepada seluruh pihak yang telah bersedia membantu, Khususnya Tim Gerakan Sosial Sepuluh Ribu (Gasebu) yang sudah bahu membahu dalam kegiatan ini sehingga para peserta pemeriksaan mata gratis dan operasi katarak bagi warga Kecanatan Reteh, Enok dan Sungai Batang dan sekitarnya berhasil dilaksanakan dengan sukses "Sebut Rina Ketua KPS

Ketua KPS, Andi Rinawati juga berharap kedepannya kegiatan ini terus di berjalan di daerah dan desa lainnya, sehingga banyak warga dapat merasakan manfaatnya.

"Saya mewakili komunitas berharap kegiatan ini, tidak berhenti sampai di sini saja, kami juga berharap dapat di dukung oleh daerah-daerah dan desa lainnya, sehingga banyak warga kita yang bisa merasakan manfaatnya," Jelas Rina,

Sementara itu Inisiator Gasebu Nahrawi mengatakan  sangat mengapresiasi kegiatan ini karena sangat berarti bagi masyarakat. mata merupakan panca indra yang vital bagi manusia. 

Dia berkesempatan menyaksikan langsung  kegiatan ini di rumkit Mata PBEC Pekanbaru,  suka cita mewarnai kebahagian para pasien pasca operasi. Seperti pada Tahap 1 ada Siti Rohani umur 20 tahun asal Kelurahan Pantai Seberang Makmur Kecamatan Enok yang tidak bisa melihat sejak umur 4 tahun.

Dan Alhamdulillah 3 hari setelah menjalani operasi matanya yang sebelah kanan saat ini sudah bisa melihat, rasa haru dan bahagia pada saat Ibu Misliati Penggiat sosial dari Kecamatan Enok mengkhabarkan bahwa Siti Rohani sudah bisa melihat dimana kakaknya rohani sampai menangis saat menyampaikan berita ini gembira ini. Dan untuk diketahui bahwa Siti Rohani merupakan hafidzah 5 juz.

Demikian juga dengan Pak Derani asal Desa Patah Parang Kecamatan Sungai Batang peserta di tahap ke 2. Pasca operasi beliau menangis terharu dan bahagia karena sudah dapat melihat. 

Jadi setelah operasi saya mendorong kursi roda beliau, pada saat didalam lift saya buka lima jari saya lalu bertanya, Maaf Pak Derani ini berapa? Beliau langsung jawab 5. Spontan kita semua yang ada di atas ucapan alhamdulillah sebagai tanda syukur kita semua karena beliau tidak bisa melihat.
Ini sekelumit cerita dari begitu banyak cerita bahagia. 

Karenanya saya sangat berharap kedepan kegiatan ini akan terus dilakukan dan bersinergi dengan KPS Riau.
Terima kasih kepada Komunitas Pecinta Sedekah Pekanbaru untuk kepercayaan dan apresisasinya bagi pengurus Gasebu. Dan in syaa Allah pertengahan bulan Februari 2021 kegiatan Pemeriksaan Mata Katarak Gratis akan kembali dilakukan untuk tanggal dan tempatnya masih dibicarakan oleh pengurus Gasebu. ***
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini