-->

Pemkab Inhu Bangun 90 Unit Rumah Layak Huni

Publish: Redaksi ----

INHU - Rumah  Layak Huni (RLH) 90 unit yang bersumber dari APBD Dana Bantuan Keuangan Khusus (Bankeu) Pemerintah Provinsi Riau mulai dikerjakan bagi masyarakat yang menerima di 11 Kecamatan di Inhu.

Pembangunan RLH ini berdasarkan Keputusan Gubernur Riau Nomor kpts.2/1/2022, tentang penetapan alokasi Bantuan Keuangan pemerintah Provinsi kepada pemerintah kabupaten Rp. 5.625.000.000.

Penyerahan RLH secara simbolis dilakukan Bupati Inhu diwakili Staf Ahli Ekonomi pembangunan, Joni Maryanto, didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Himaj Praja, serta sekaligus dilakukan peletakan batu pertama oleh Dandim 0302 Inhu, Letnan Kolonel Kav Dani Prasetyo Wibowo, di Rumah Kadir Desa Sei Guntung Hilir, Kecamatan Rengat yang disaksikan Seluruh Kepala Desa Se Inhu.

"Hari ini Peletakan batu pertama Rumah Layak Huni (RLH) dari Bantuan Keuangan Khusus Pemerintah Provinsi Riau 2022 kepada pemerintah Kabupaten, difokuskan untuk Inhu di Desa Sei Guntung Hilir Kecamatan Rengat," Jelas Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kabupaten Inhu Hikmaj Praja, 20 September 2022.

Hikmaj Praja berharap, ini merupakan langkah awal pemerintah daerah dalam rangka pemenuhan kebutuhan rumah layak huni bagi masyarakat. 

Kegiatan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH), melalui bantuan keuangan khusus Provinsi Riau, merupakan dukungan pemerintah Provinsi Riau beserta anggota DPRD Riau dari Komisi V, Ade Agus Hartanto, kepada masyarakat miskin melalui program program pemgembangan perumanan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten/kota pada Dinas terkait.

"Kegiatan perbaikan rumah tidak layak huni ini merupakan program berbasis pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan dengan pola swakelola oleh kelompok masyarakat (POKMAS) bertujuan untuk mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan," Jelas Hikmaj Praja.

Masih Kata Kepala Dinas Perkim, Kegiatan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) ini, selain di Indragiri Hulu juga dilaksanakan di 12 kabupaten/ kota di Provinsi Riau. 

Dalam penetapan lokasi Desa dan Kelurahan penerima bantuan perbaikan rumah tidak layak huni, dinas pekerjaan umum, penataan ruang, perumahan, kawasan permukiman dan pertanahan Provinsi Riau telah diverifikasi oleh perangkat daerah di Kabupaten Kota.

Usulan dimaksud adalah proposal yang telah disampaikan dari masing-masing Desa atau Kelurahan yang selanjutnya diserahkan kepada Bupati untuk dilakukan evaluasi dan verifikasi oleh tim verifikasi Kabupaten, kata Kepala Dinas Perkim Inhu.

Terkait besar Anggaran keseluruhan biaya pembangunan RTLH di Inhu memakan dana Bankeu Rp. 5.625.000.000, dengan peruntukan per unit Rp. 59.375.000, yang Alokasi dana tersebut  diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dalam mewujudkan rumah layak huni di Kabupaten Indragiri Hulu. Lokasi pelaksanaan kegiatan dimaksud berada di 11 Kecamatan 90 unit rumah.

Adapun sistem pencairan yang dilakukan oleh pemerintah daerah adalah 40 %, 30 %, dan 30 %. Masing masing pencairan akan memiliki kelengkapan tersendiri yang akan menjadi persyaratan kepada pemerintah Provinsi Riau. Selamat kepada warga yang sudah menerima RTLH dana Bankeu Ini," Tutup Hikmaj Praja.

Dalam kesempatan Dandim 0302 Inhu Letnan Kolonel Kav Dani Prasetyo Wibowo, turut memuji pemerintah Provinsi Riau melalui dana Bankeu dapat membantu warga kurang mampu di Kabupaten Indragiri Hulu untuk mendapatkan rumah tak layak huni menjadi layak huni.

Mudah-mudahan dengan terselenggaranya kegiatan pembangunan rumah layak huni ini bisa membantu bagi masyarakat yang membutuhkan pada kesempatan yang baik ini kami atas nama Komando mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Riau atas kontribusinya dalam membantu pembangunan di wilayah Inhu, semoga hasilnya bener-bener bisa dirasakan oleh masyarakat. Di Inhu memang masih banyak warga kurang mampu yang belum diperhatikan, ungkap Dandim 0302 Inhu.

Bupati Inhu, diwakili staf Bupati Ekonomi pembangunan, Joni Maryanto, mengucapkan terimakasih kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Permukiman Pertanahan Provinsi Riau, serta anggota DPRD Provinsi Riau Komisi V, Ade Agus Hartanto, yang telah memberikan kontribusi di Kabupaten Indragiri Hulu. 

Ini menjadi bagian dari suasana penuh rasa syukur kami dalam rangka meletakkan batu pertama pembangunan rumah layak huni bantuan keuangan khusus pemerintah provinsi Riau kepada pemerintah Kabupaten Kota yang bersumber dari APBD provinsi Riau tahun anggaran 2022 bisa dilaksanakan pembangunan 90 unit RLH di Inhu,ungkap Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi Melalui Setaf Ahli Joni Maryanto.

Masih kata Joni Maryanto, melalui peletakan batu pertama pembangunan rumah layak huni pada hari ini merupakan momentum mewujud sinergitas perhatian serta upaya nyata bahwa fungsi dan keberadaan pemerintah dan legislatif sebagai pelayan dan wakil masyarakat benar-benar dapat dirasakan kehadirannya.

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hulu dan Masyarakat saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Riau dimana pada tahun anggaran 2022 ini Kabupaten menjadi satu daerah yang menerima bantuan keuangan khusus untuk rumah layak huni sebanyak 90 unit yang tersebar di 11 Kecamatan dan 42 desa di Kabupaten Indragiri Hulu dengan nilai bantuan setiap rumah senilai 59 juta 375.000 semoga momen ini menjadi langkah yang baik demi terwujudnya percepatan pemenuhan kebutuhan rumah layak huni di Kabupaten Indragiri Hulu yang diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan," tutup Bupati Inhu diwakili Joni Maryanto.

Selaku penerima RLH (Rumah Layak Huni ) Bapak Kadir mengucapkan banyak terimakasih kepada Bupati Inhu, Dandim dan Anggota DPRD Riau Fraksi PKB Ade Agus Hartanto yang sudah sudi memperhatikan rakyat kecil  mendapatkan rumah layak huni melalui dana Provinsi riau.

"Saya ucapkan semua orang atas perhatian nya kepada kami rakyat kecil ini dan saya ucapkan terimakasih kepada bapak Dewan Provinsi Riau yang disebutkan tadi, Ucap dengan bahagia berlinang air mata bapak Kaidir warga Desa Sei Guntung Hilir Kecamatan Rengat," ujarnya.

Dalam kesempatan penyerahan secara simbolis dihadiri langsung, Bupati Inhu diwakili Staf Ahli Ekonomi dan Pembangunan, Dandim 0302 Inhu, Kepala Dinas KPBD Inhu, Camat Pasir Penyu dan Seluruh Kepala Desa se Inhu serta tokoh Masyarakat setempat.(jhs)
Share:

Read Also:

Komentar

Berita Terkini