-->

Dinsos Sosialisasikan Cara Melaporkan Kerusakan KKS

Publish: Redaksi ----

Untuk mencairkan dana bantuan dari pemerintah melalui Program Keluarga Harapan (PKH) setiap penerima diberikan kartu untuk mempermudah dalam proses penarikan dana diberikan kartu. 

Kartu ini diberikan Bank Himbara (Himpunan Bank Negara). Berjalannya waktu banyak dari Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) rusak ditangan warga sehingga menyulitkan untuk menarik dana.

Dinas Sosial Kabupaten Indragiri Hilir  melakukan Edukasi Tata Cara Penanganan dan Pencegahan Kerusakan KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) KPM PKH Kelurahan Seberang Tembilahan, Jumat,16 September 2022.

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program pemberantasan kemiskinan yang di inisiasi oleh Kementerian Sosial RI dan dalam pelaksanaannya di daerah di bantu oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Sosial Kabupaten. 

PKH adalah bantuan tunai bersyarat yang diberikan kepada masyarakat miskin yang memenuhi kriteria. Kriteria yang di maksud adalah masyarakat yang dalam anggota rumah tangganya terdapat Ibu hamil, balita, anak usia sekolah (SD, SMP dan SMA), disabilitas berat dan lanjut usia. 

Sehingga Dinas Sosial bersama dengan Pendamping PKH melakukan kegiatan P2K2 ( Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga) dan Edukasi Tata Cara Penanganan dan Pencegahan Kerusakan dan Kehilangan KKS bagi KPM PKH.  

Kegiatan tersebut dilaksanakan dirumah salah seorang KPM PKH yang dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial yang diwakili Kasi Perlindungan Jaminan Sosial Bapak Toto Subagio, SE., M.Si, Camat Tembilahan yang diwakili Kasi Kesejahteraan Sosial Ibu Raja Elvayanti, S.Sos, Korkab PKH Inhil, Ali Thamrin, ST, Penyuluh Penanganan Masalah Sosial Ibu Elmi Rahmayanti, S.IP, Pendamping PKH Kelurahan Seberang Tembilahan Ibu Faizah Husna, S.Pd serta KPM PKH yang berjumlah 40 orang.

Camat Tembilahan yang diwakili oleh Kasi Kessos,Raja Elvayanti S.Sos mengatakan bahwa penting bagi KPM PKH mengikuti kegiatan P2K2 dalam rangka meningkatkan pengetahuan serta memperoleh berbagai informasi, seperti bagaimana jika kartu  KKS hilang atau rusak apa yang mesti dilakukan.

"Hal penting seperti inilah yang disampaikan dalam pertemuan bersama PKH. jika sudah ada informasi yang diberikan maka penerima tidak bingung lagi jika terjadi hal yang tak diinginkan," sebutnya. (Galeri)










Share:
Komentar

Berita Terkini