-->

UPTD Puskesmas Kartaharja Gelar Sosialisasi Hari Cuci Tangan Pakai Sabun ke Pelajar

Publish: Indragiri pos ----
Tulangbawang Barat Lampung,-Unit pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Tiyuh kartaraharja kecamatan Tulang Bawang Udik (TBU) kabupaten Tulang Bawang Barat provinsi Lampung memperingati hari Cuci Tangan Pakai Sabun upaya memutuskan mata rantai kuman dan virus. 

Diketahui kegiatan tersebut
Diselenggarakan di Sekolah SDN 19 Tulang Bawang Udik (TBU) Di hadiri oleh ketua PKK Kecamatan,Ibu Ketua PKK Tiyuh Kartaraya beserta Anggota PKK, Pimpinan puskesmas Kartaharja dan staf, Kepala sekolah dan dewan Guru," pada jumat (14/10/2022).

Agus Gunawan,S.Kep.,Ns,kepala puskesmas setempat mengatakan
Kegiatan sosialisasi yang dilakukannya salah satu upaya mengajak pelajar disekolah tersebut dapat menerapkan pola hidup sehat.

"Tanggal 15 Oktober, atau bertepatan dengan hari ini. Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun kita gaungkan setiap tahunnya dengan tema "Bersatu Untuk Tangan Bersih Sehat" harapan agar masyarakat bisa membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan air dan sabun untuk mencegah berbagai penyakit.
harapnya.

Menurut kepala UPTD puskesmas Tiyuh kartaharja mencuci tangan pakai sabun adalah tindakan sanitasi untuk memutuskan mata rantai kuman dan virus.

"Salah satu penyakit yang bisa dicegah misalnya diare, dapat dicegah sampai 45 persen apabila cuci tangan pakai sabun dilakukan dengan benar.

Penyakit juga sangat berpengaruh pada masalah kesehatan lainnya sampai masalah kurang gizi(Stunting).paparnya.

Dia juga menyampaikan Karena setiap tangan sangat terampil membawa kuman dan virus dari mana-mana.

"Kegiatan kita hari ini mensosialisasikan kepada pejar SDN yang ditunjuk mewakili wilayah kerja puskesmas kartaharja untuk terus merepkan cuci tangan pakai sabun,suapaya kesehatan mereka selalu Terjaga,"harapnya.

Dirinya juga meng-imbau kepada masyarakat diwilayah kerja UPTD Puskesmas Kartaharja untuk 
dapat terus menjaga kebersihan lingkungan.

"Mengingat saat ini sedang ada perubahan cuaca Pancaroba saya mengajak masyarakat agar dapat menerapkan 3M
(menguras,mengubur dan menutup) upaya pencegah penyakit DBD," imbaunya.

upaya pencegahan DBD tersebut pihaknya mengaku berkolobarasi bersama pemerintah tiyuh diwilayah Kecamatan TBU dalam program kegiatan Jumat bersih.

"Kita sudah mensosialisasikan kesemua masyarakat tiyuh diantarnya tiyuh Karta raya,
waysido,Karta,Karta tanjung selamat,Karta sari," Pungkanya.


Rahmat
Share:
Komentar

Berita Terkini