-->

4 Penyesalan di Hari Tua yang Mestinya Kamu Hindari dari Sekarang

Publish: Redaksi ----
Ilustrasi orang tua (idntimes)

Setiap yang ada dunia ini pasti akan menua, karena itu hal yang tak dapat dihindarkan. Masa tua tidak sama seperti masa muda, ada keterbatasan yang tak bisa dilakukan seperti saat muda.

Tenaga sudah berkurang, mata mulai rabun, kuping yang kurang mendengar bahkan badan yang digerogoti penyakit. Mesti dari itu tatkala muda sedari sekarang harus pandai-pandai mempersiapkan hari tua agar nantinya tidak menyesal.


Ada beberapa penyesalan di hari tua yang jangan sampai kamu terima dan rasakan. Apa saja?

1. Tidak menjaga kesehatan di masa muda

Menjaga kesehatan ibarat investasi, semuanya tergantung apa yang kamu pupuk sejak muda. Salah satu penyesalan yang banyak dirasakan di masa tua adalah mengabaikan pola hidup sehat saat masih muda.

Karena di masa muda, sebagian orang cenderung mengabaikan kesehatannya, mulai dari sering begadang, merokok, minum alkohol, dan jarang berolahraga.

Mungkin kamu belum merasakan dampaknya, karena masih merasa baik-baik saja. Namun kita tidak tahu seperti apa kondisi tubuh setelah memasuki masa tua nanti.

Kalau sehat, bersyukur. Kalau sakit-sakitan, semuanya berkat gaya hidup di masa muda.

2. Tidak menghabiskan waktu bersama keluarga

Mungkin kamu merasa berkumpul bersama keluarga di rumah sudah cukup, bercengkrama dengan orangtua dan anak. Namun selain itu, kamu juga harus berusaha menciptakan banyak kenangan dengan melakukan berbagai macam aktivitas dan perjalanan bersama.

Bekerja keras demi menafkahi keluarga memang penting. Namun memberikan perhatian dan menghabiskan waktu bersama keluarga juga tidak kalah penting. Hal ini dapat memberikan dampak positif pada kondisi emosional dan sosial seseorang.

Karena semakin bertambah tua, orang-orang terdekat seperti orangtua juga ikut menua, waktu yang bisa dihabiskan bersama juga makin berkurang.

Oleh karena itu, coba luangkan waktu bersama keluarga meski sibuk dengan pekerjaan, agar hubungan tetap sehat.

3. Tidak menyiapkan hari tua

Sebelum memasuki masa tua, sebaiknya kamu telah menyiapkan segala sesuatunya sedari muda. Mulai dari kesehatan, hingga kondisi keuangan.

Banyak orang melakukan kesalahan di masa tua dengan tidak menyiapkan dana pensiun, membuat mereka bergantung dengan anak cucu.

Ini yang membuat anak cucu menjadi sandwich generation, dan tentu saja akan memberatkan mereka. Kamu bisa memutus mata rantai sandwich generation dengan menyiapkan dana pensiun sejak dini.

4. Tidak menabung, investasi, dan menyiapkan asuransi

Kerap berfoya-foya di masa muda, membuatmu lupa akan hari tua. Tabungan jadi habis tak bersisa. Kamu tentu ingin tetap bergaya hidup nyaman seperti di masa muda dulu, kan?

Untuk itu, jangan lupa mulai menabung untuk masa pensiun nanti. Caranya dengan lebih disiplin mengatur keuangan dan menyisihkan sebagian pendapatan untuk hari tuamu dengan menabung dan investasi, serta menyiapkan asuransi.

Karena pastinya ada banyak kebutuhan-kebutuhan besar menanti, seperti biaya berobat salah satunya. Investasi sangat penting untuk menjaga kekayaan agar nilainya naik seiring dengan bertambahnya usia.

Kalau sudah menyiapkan tabungan, investasi, dan asuransi dari sekarang, ketika usia senja nanti kamu tidak merasa stres lagi untuk memikirkan keuangan.

Penyesalan memang selalu datang belakangan. Agar memasuki masa tua nanti bahagia sentosa, kamu perlu banget melakukan beberapa hal di atas tadi, ya. Semangat!

Penulis: ASA neobank
Editor: Ard
Share:
Komentar

Berita Terkini