-->

Inilah Berbagai Manfaat Sunscreen Untuk Kulit Wajah

Publish: Redaksi ----

Ada berbagai jenis produk perawatan kulit wajah yang masing-masingnya memiliki fungsi tersendiri. Ya, seperti moisturizer, facial wash, make up remover, toner, hingga sunscreen

Namun, sunscreen menjadi salah satu jenis skincare yang memang paling sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan sunscreen memiliki peranan penting untuk kesehatan kulit wajah dalam jangka waktu yang panjang. 

Lantas, seperti apakah manfaat dari penggunaan sunscreen? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

1. Melindungi Wajah Dari Paparan Sinar UV 

Sebagaimana yang sudah diketahui bahwa sinar UV dan UVB akan menimbulkan berbagai masalah terhadap kulit, seperti muncul penuaan dini, sensasi terbakar, kulit belang, hingga kanker kulit. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen merupakan pilihan paling tepat saat kamu beraktivitas diluar ruangan. 

Pasalnya, sunscreen memiliki fungsi yang dapat melindungi kulit wajah dan menangkal sinar UV. Dengan menggunakan sunscreen, kamu pun tidak perlu khawatir akan masalah kulit saat beraktivitas di luar ruangan. 

2. Mencegah Kanker Kulit 

Terjadinya kanker kulit dikarenakan kulit sering terkena paparan sinar UV dan UVB. Menurut para pakarnya, menyebutkan bahwa kulit yang terlalu lama terpapar matahari bisa memicu radiasi terhadap kulit sehingga akan merusak DNA pada sel kulit. Itu sebabnya, mengapa penggunaan sunscreen sangat dianjurkan digunakan untuk sehari-hari. 

3. Dapat Mencegah Penuaan Dini


Seperti halnya kanker kulit, terjadinya penuaan dini juga dikarenakan oleh paparan sinar matahari. Ya, kulit yang terlalu lama terpapar sinar matahari akan membuat kolagen didalam kulit wajah menurun, sehingga bisa mempercepat timbulnya penunaan dini, seperti flek hitam, kerutan, keriput, hingga kulit terasa kendor. 

4. Dapat Mencegah Terjadinya Sunburn

Apakah kamu berencana untuk pergi liburan ke pantai? Jika iya, maka diwajibkan bagi kamu untuk membawa sunscreen. Hal itu bukan tanpa alasan, karena berlibur ke pantai tentunya tak bisa lepas dari kegiatan berjemur. 

Agar kulit terlindungi secara maksimal, disarankan bagi kamu untuk menggunakan sunscreen yang lapisannya cukup tebal. Selain itu, kamu juga dapat melakukan pengulangan beberapa kali penggunaan sunscreen untuk kulit wajah. 
Hal tersebut bertujuan agar kulit terhindar dari masalah sunburn (terbakar) akibat terpapar sinar matahari secara langsung.

5. Meratakan Warna Kulit & Mencegah Komedo

Kondisi kulit belang memang selalu dialami oleh mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan. Tentu saja kondisi kulit yang belang dapat mengurangi penampilan seseorang. Kabar baiknya, warna kulit yang tadinya belang bisa diratakan dengan menggunakan sunscreen secara rutin. 

Selain kulit belang, keberadaan komedo di kulit wajah juga tentunya dapat mengganggu penampilanmu. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan sunscreen secara rutin dan teratur. Pasalnya, kemunculan komedo pada kulit wajah dikarenakan sering terpapar sinar matahari secara langsung. 

6. Melindungi Kulit Dari Kelembaban Udara

Meski kamu tidak beraktivitas di luar ruangan, namun penggunaan sunscreen di dalam ruangan juga cukup penting dilakukan lho. Ya, sebab udara lembab di dalam ruangan bisa memicu terjadinya risiko buruk terhadap kulit.

Walaupun kamu sudah menggunakan pakaian panjang di rumah, tetap saja akan menimbulkan kelembaban secara berlebihan pada wajah dan tubuh. Mengingat akan hal itu, penggunaan sunscreen harus tetap dilakukan meski kamu sedang berada didalam ruangan. 
Nah, itulah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari penggunaan sunscreen. 

Share:
Komentar

Berita Terkini