-->

Lemparan Rocket Ala Pratama Arhan Resmi Dilarang di Liga Inggris

Publish: Redaksi ----

GARA-gara Emiliano Martinez, lemparan roket Pratama Arhan resmi dilarang di Liga Inggris 2023-2024? Sekadar diketahui, kiper Timnas Argentina yang bermain untuk Aston Villa, Emiliano Martinez, sempat kerepotan menghalau lemparan fullback kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan.

Di laga Timnas Indonesia vs Argentina yang berlangsung pada Senin 19 Juni 2023, beberapa kali lemparan roket Pratama Arhan merepotkan Emiliano Martinez. Salah satu momennya terjadi ketika lemparan Pratama Arhan yang disundul Elkan Baggott, meluncur tajam ke gawang Argentina.

Beruntung bagi Timnas Argentina, Emiliano Martinez tampil gemilang dengan menggagalkan peluang emas tersebut. Lantas, apakah Emiliano Martinez curhat kepada operator kasta teratas Liga Inggris, Premier League, supaya lemparan roket Pratama Arhan dilarang di kompetisi yang satu ini?

Mengutip dari Sportbible, English Football League (EFL) yang merupakan operator kompetisi kasta kedua (Divisi Championship), ketiga (League One) dan keempat (League Two) Liga Inggris mengeluarkan peraturan baru untuk musim 2023-2024.

EFL melarang penggunaan handuk untuk para pemain yang hendak melepaskan lemparan roket ala Pratama Arhan. Sekadar diketahui, Pratama Arhan biasa mengelap bola terlebih dulu menggunakan handuk yang telah disediakan.

Hal itu dimaksudkan agar bola lebih dulu kering sehingga lemparan Pratama Arhan bisa meluncur tajam. Nantinya per musim 2023-2024, pemain-pemain yang ingin melepaskan lemparan roket tak diizinkan lagi menggunakan handuk.

Sebagai gantinya, EFL akan menempatkan sejumlah bola di beberapa titik. Karena itu, ketika ada lemparan ke dalam, seorang pemain tak perlu repot-repot membersihkan bola, mengingat sudah ada bola kering yang ada di sekitaran mereka.



“EFL akan memperkenalkan sistem multiball di semua kompetisi untuk musim 2023-2024. Bola pertandingan akan ditempatkan pada kerucut di sejumlah area yang sudah ditentukan. Hal ini dimaksudkan untuk efisiensi waktu pertandingan,” tulis pernyataan EFL, Okezone mengutip dari Sportbible.

“Para pemain tidak diizinkan menggunakan handuk atau barang lain, termasuk barang yang diperoleh dari penonton untuk mengeringkan bola selama pertandingan,” lanjut laporan tersebut.

Punya Lemparan seperti Pratama Arhan, Pemain Ini Diminta Perkuat Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023
Kesimpulannya, lemparan roket ala Pratama Arhan masih diizinkan., Hanya saja, para pemain tak diizinkan mengelap bola menggunakan handuk atau barang sejenisnya demi efisiensi waktu pertandingan.

source Okezone
Share:
Komentar

Berita Terkini