-->

Polres Way Kanan Gelar Upacara Memperingati Hari Lahirnya Pancasila Tahun 2023

Publish: Indragiri pos ----
WAY KANAN,--Polres Way Kanan menggelar upacara di lapangan apel Mako Polres Way Kanan, dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila tahun 2023, kegiatan dipimpin oleh Kapolres Way Kanan AKBP Teddy Rachesna dengan dihadiri Pejabat Utama, Kapolsek Jajaran, anggota dan ASN Polres Way Kanan, kamis (01/06/2023).

Kapolres Way Kanan AKBP Teddy Rachesna menjadi Inspektur upacara juga dijadwalkan bertugas membacakan teks Pancasila dan pembacaan Undang-Undang 1945 oleh Aipda Agus Dermawan, upacara yang dimulai pada pukul 07.00 WIB, melangaungkan pengibaran sang saka merah putih di hadapan peserta upacara.

Dalam Peringatan hari lahir Pancasila yang diperingati tanggal 1 Juni tahun 2023 mengusung tema "Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global", Kapolres membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Bahwa Upacara ini meneguhkan komitmen agar kita lebih mendalami, lebih menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, sebagai dasar berbangsa dan bernegara," ungkap AKBP. Teddy R.

Dirinya juga menyampaikan adalah jiwa besar para founding fathers kita, para ulama, para tokoh agama, dan para pejuang kemerdekaan dari seluruh Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan yang mempersatukan kita.

"Harus diingat bahwa kodrat bangsa indonesia adalah kodrat keberagaman. Takdir Tuhan untuk kita adalah keberagaman. Dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Dari Miangas sampai Rote adalah keberagaman," tutur Kapolres.

Kapolres juga mengatakan bahwa bhineka tunggal ika merupakan berbagai etnis, berbagai bahasa lokal, berbagai adat istiadat, berbagai agama, kepercayaan, serta golongan bersatu padu membentuk Indonesia.

"Namun, kehidupan berbangsa dan bernegara kita selalu mengalami tantangan. Kebhinekaan kita selalu diuji. Ada pandangan dan tindakan yang selalu mengancamnya. Ada sikap tidak toleran yang mengusung ideologi lain selain Pancasila dan semua itu diperparah oleh penyalahgunaan media sosial, oleh berita bohong, oleh ujaran kebencian yang tidak sesuai dengan budaya bangsa kita," imbuhnya.

Kapolres pun mengajak peran aktif para ulama, para ustadz, para pendeta, para pastor, para biksu, para pedanda, para pendidik, para budayawan dan pelaku seni, para pelaku media, dan jajaran pemerintahan, TNI dan Polri, serta seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menjaga Pancasila.

Habibi
Share:
Komentar

Berita Terkini