Grup Kompang Parit 8 Teluk Pinang Meriahkan Deklarasi HM Wardan dan Syamsuddin Uti

Selasa, 09 Januari 2018


INHIL - Grup Kompang dari Parit 8 Kelurahan Teluk Pinang, Kecamatan Gaung Anak Serka (GAS) turut menyemarakkan suasana deklarasi pasangan bakal calon Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan dan Wakil Bupati, H Syamsuddin Uti (SU) di Gedung Puri Cendana Tembilahan, Selasa, 9 Januari 2018.

Saat itu, terlihat grup kompang yang berjumlah 10 orang ini sedang menabuh kompang mengiringi kedatangan pasangan calon yang akan mengikuti proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Kabupaten Inhil pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Bunyi tabuhan kompang yang bermacam-macam, serasi dan sangat menarik didengar, ditambah lagi dengan lantunan shalawat membuat suasana deklarasi tersebut semakin meriah.

Tanpa sadar, sejumlah masyarakat yang hadir turut hanyut dalam tabuhan kompang dan lantunan shalawat yang terus mengiringi kedua pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati hingga masuk ke dalam gedung tempat kegiatan berlangsung.

Bahkan, ada diantara masyarakat yang hadir langsung mengabadikan momen tersebut dengan menggunakan kamera handphone, baik untuk mengambil foto maupun video.

"Mantap kompangnya," kata salah seorang masyarakat yang menyaksikan langsung kegiatan tersebut.

Memang, grup kompang dari Parit 8 Kelurahan Teluk Pinang ini sudah terbentuk sejak tahun 1933. Hingga kini, di bawah pimpinan Bukhari grup kompang tersebut masih tetap eksis dan sering diundang untuk mengiringi arak-arakan pasangan pengantin, tidak hanya di wilayah Teluk Pinang dan sekitarnya, namun grup kompang ini juga sudah diundang hingga ke luar daerah.

Diharapkan, keberadaan grup kompang ini kedepannya dapat terus dipertahankan dan diperhatikan, sebagai salah satu kekayaan dan budaya masyarakat di Kelurahan Teluk Pinang terutama dari suku melayu.

"Dulu belajarnya dari Perigi Raja, kemudian dibawa ke Teluk Pinang sampai sekarang," terang bujang, salah seorang penabuh kompang saat berbincang. (sya)

loading...

Selasa, Januari 09, 2018

0 komentar:

Posting Komentar

loading...