Ini Kisah ABK Kapal Di Inhil Selamatkan Diri Dari Ledakan

Minggu, 04 Februari 2018



TEMBILAHAN - Pristiwa tenggelamnya kapal motor bermerk Vega Jaya GT 5, bermuatan sembako dan tabung gas LPG, Kamis, (1/2/ 2018) lalu, di Perairan Sungai Indragiri, Kelurahan Sungai Perak, Kecamatan Tembilahan, Kabupaten Inhil, menyisakan cerita yang sangat heroik dan menyedihkan dialami oleh Anak Buah Kapal (ABK) sempat dinyatakan hilang diduga tenggelam. 

 
Ialah Supriadi alias Icap (16 tahun), sempat dinyatakan hilang setelah Kapal tempat ia berkerja terbakar dan meledak menghanguskan seluruh isi bermuatan sembako sebanyak 15 Ton, dan tabung gas LPG 12 Kg, sebanyak 20 tabung, dinakhodai oleh Jamal (39 tahun) serta 2 orang ABK Rian (18 tahun) dan Icap.
 
Kapolres Indragiri Hilir AKBP. Christian Rony Putra, S.I.K., M.H., melalui Kasat Polairud Polres Indragiri Hilir AKP. H. Awaluddin Dalimunthe, menceritakan kronologis Icap selamat dari maut ledakan tabung gas LPG diatas kapal motor Vega Jaya. 
 
"Malam itu saat kapal terbakar, dia langsung melompat ke pinggiran Sungai Indragiri. Ketakutan karena ada ledakan dari tabung gas yang terbakar, Icap langsung berlari jauh ke daratan di Kelurahan Sungai Perak itu," ungkap Awaluddin Dalimunthe seperti diceritakan oleh Korban yang sudah ditemukan selamat, Sabtu (3/2/2018).
 
Setelah merasa aman, paparnya, Icap lalu jumpa seorang dan menunjukan jalan arah ke Dermaga Sungai Perak. "Disitulah Icap menunggu, sampai datang pompong yang dikemudikan Suparman, yang ternyata memang sedang mencari dirinya. Icap alias Supriadi kemudian diantar kembali kerumahnya," 
 
Saat ini korban ternyata telah kembali dengan selamat ke kediaman orang tuanya, di Jalan Gerilya Parit 8 Tembilahan. 
 
Anggota Sat Polairud Polres Indragiri Hilir, yang mendapat kabar kepulangan Icap kerumahnya, langsung mendatangi rumah orang tua Icap, yang bernama Hatta, dan menemukan Icap dalam keadaan selamat dan sehat tanpa satu luka apapun.
 
"Icap sudah pulang kerumahnya dengan keadaan selamat dan sehat tanpa satu luka apapun', kata Kasat, yang sekarang akrab dipanggil Pak Haji tersebut.
 
Sebelumnya dikabarkan bahwa, KM. Vega Jaya dengan 3 orang awak, terbakar di Perairan Sungai Indragiri, Kamis malam, 1/2/2018, sekira pukul 20.30 WIB. 
 
Malam itu, Tim SAR Gabungan Sat Polairud Polres Indragiri Hilir dan BPBD Kabupaten Indragiri Hilir, berhasil mengevakuasi nakhoda dan 1 orang ABK. Sedangkan Supriadi alias Icap, tidak ditemukan di TKP. 

loading...

Minggu, Februari 04, 2018

0 komentar:

Posting Komentar

loading...