-->

Finis GP Aragon 2016 di Belakang Marquez dan Lorenzo, Ini Alasan Rossi

Publish: Unknown ----
ARAGON, Indragiripos.com  - Sempat memimpin balapan GP Aragon 2016 pada pertengahan lomba, Valentino Rossi akhinya harus puas mengakhirinya Seri 14 MotoGP musim ini dengan berada di podium ketiga.

Salah satu poin krusial yang membuat The Doctor mendapatkan hasil finis ini ialah akibat kesalahan yang dibuatnya kala mengovertaking Jorge Lorenzo dua lap jelang lomba berakhir.

Ya, saat itu Rossi sedang berusaha kembali ke posisi kedua dari rekan setimnya. Namun pada sebuah tikungan di mana dia sudah melewati Lorenzo, ternyata titik pengeremannya terlalu dalam hingga membuat laju motornya tak bisa dikuasai untuk segera bermanuver ke arah kiri.

Pada akhirnya di tikungan itu, pembalap tim Yamaha Movistar tersebut mesti melebar ke luar lintasan agar laju motornya bisa dikuasai buat membelok. Kesalahan ini membuat Lorenzo melenggang untuk finis di podium kedua.

Bagi Rossi, kesalahan ini tidak hanya membuatnya kehilangan podium kedua. Tapi juga makin menjauhkan selisih angkanya dengan Marc Marquez di klasemen kejuaraan dunia MotoGP 2016 menjadi 52 poin dengan sisa empat balapan.

"Sungguh menyesali kesalahan tadi, dengan sisa dua lap. Kami sebenarnya bisa bertarung dengan Lorenzo untuk bersaing memperebutkan posisi finis kedua, tapi saya melakukan sebuah kesalahan," tutur Rossi pasca lomba GP Aragon 2016 seperti dilaporkan Motorsport.

"Kami mencoba untuk bekerja keras, membuat setelan agar bisa menghemat permukaan ban untuk bagian kedua lomba. Tapi sayangnya, strategi itu tidak berjalan dengan baik. Saya sedikit mengalami kesulitan dan juga Jorge mengalahkan saya karena pada akhir lomba dia tampil lebih cepat," imbuh pembalap juara dunia MotoGP tujuh kali itu.

"Bagaimanapun juga, finis di podium adalah hasil yang bagus. Saya kehilangan empat poin dari Jorge, tapi kami masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan di sana sini. Ini adalah akhir pekan yang solid, kami telah bekerja dengan baik, kami juga mencoba beberapa hal berbeda namun sayangnya tidak bekerja dengan oke," kata Rossi melanjutkan.

Lantas bagaimana dengan Marquez? Rossi yang start dari baris kedua mengaku dia tidak bisa mengikuti konsistensi kecepatan Si Bayi Alien selama lomba GP Aragon 2016 akibat tingkat kelekatan ban belakangnya yang tidak sebagus biasanya.

"Ban depan yang dipakai Marquez bila dibandingkan dengan yang saya pakai tidak berbeda jauh (dari kinerjanya). Tapi untuk bagian belakang, saya menderita. Pada motor Yamaha, ban belakang kami berputar lebih banyak dari biasanya dan kami tidak bisa mengatasi itu. Walau begitu, kami tetap menempatnya dua motor di podium. Tanpa kesalahan itu, saya sebenarnya masih bisa finis kurang dari tiga detik di belakang Marquez," tutup Rossi.


Sumber : Sindonews.com 


Share:
Komentar

Berita Terkini