-->

Kodim 0302/Inhu Gelar Acara Nusantara Bersatu

Publish: Unknown ----
Kodim 0302/Inhu Gelar acara Nusantara Bersatu
PEMATANG REBA - Kodim 0302/Inhu menggelar acara Nusantara Bersatu dengan mengangkat tema " Indonesiaku, Indonesiamu Indonesia Kita Bersama BHINNEKA TUNGGAL IKA", Rabu 30 November 2016.

Acara yang bertempat di lapangan upacara kantor bupati Inhu tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Inhu H. Khairizal SE, M.Si,  Ketua DPRD Miswanto SE, Dandim 0302/Inhu Letkol Inf Mujibburrahman Hadi SE, Kapolres Inhu AKBP Abas Basuni SIK, Kajari Rengat Supardi SH.

Mengawali kegiatan ini, seluruh peserta menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan dengan khidmat oleh seluruh peserta. Kemudian acara di lanjutkan dengan menyampaikan Orasi Kebangsaan serta puisi.

Adapun uang menyampaikan orasi kebangsaan antara lain, Ketua DPRD Inhu Miswanto, Kapolres Inhu AKBP Abas Basuni SIK, Dandim 0302 Inhu Letkol Inf Mujibburahman Hadi SE, serta sejumlah tokoh masyarakat seperti HR Maizir Mit, HM Sahan, H Abdul Kadir, tokoh pemuda Subhan Donal hingga tokoh masyarakat dari Suku Talang Mamak Batin Zamin.

Pada kesempatan itu Dandim 0302/Inhu Letkol Inf Mujibburrahman Hadi SE,  menyampaikan dengan adanya acara Nusantara Bersatu merupakan ajang silaturahmi seluruh element masyarakat dari berbagai suku bangsa, budaya serta agama sekaligus meneguhkan komitmen kebangsaan seluruh masyarakat di Kabupaten Inhu untuk tetap berpegang teguh kepada pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.  

"Melalui kegiatan ini, mari kita tunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang berbudaya, bangsa yang menjunjung tinggi semangat persatuan dan kesatuan, bangsa yang hidup rukun dan damai serta bangsa yang menjadikan perbedaan sebagai perajut keharmonisasi di tengah kehidupan masyarakat yang pluralistik," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Inhu H. Khairizal SE, M.Si menyampaikan bahwa Kabupaten Indragiri Hulu sejak dahulu sudah dikenal sebagai daerah yang sangat kondusif serta terbuka terhadap berbagai suku bangsa, budaya dan agama.

"Kita dapat menyaksikan, warga dari berbagai suku bangsa serta agama hidup rukun dan damai di Kabupaten Indragiri Hulu. Bahkan kita yang hadir pada Acara Nusantara Bersatu ini juga berasal dari berbagai suku bangsa, budaya serta agama yang berbeda.

Kondisi ini, lanjut Wakil Bupati dapat terwujud karena semua element masyarakat menyadari bahwa keragaman suku bangsa, budaya serta agama justru menjadi perekat sekaligus kekuatan dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

Karena itu, Wabup mengajak ribuan peserta Acara Nusantara Bersatu untuk bersama-sama terus menjaga semangat persatuan dan kesatuan serta terus memelihara kerukunan antar umat beragama dan menghindari sikap-sikap yang dapat merusak dan memecah belah bangsa.

Pada Kesempatan tersebut, Wabub juga mengingatkan semua bahwa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang saat ini harus disikapi dengan bijak agar kita tidak salah arah dan salah langkah.

Sebelum acara berakhir dilanjutkan dengan pembacaan Puisi "Negeriku" yang di bacakan oleh Serma Ngatimun anggota Kodim 0302/Inhu, kemudian di tampilkan juga tari Rentak Bulian dari Suku Talang Mamak Inhu.

Semua rangkaian acara berlangsung dengan aman, tertib dan khidmat, usai acara pokok semua peserta berbaur dengan akrab menggambarkan Kebhinekaan bangsa Indonesia.(rls)

Share:
Komentar

Berita Terkini