-->

Desa Pinang Jaya Normalisasi Kanal Sepanjang 3150 meter

Publish: Redaksi ----
PELANGIRAN -  ‎Prorgram Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) selain membangun pada infrastruktur seperti jalan, jembatan, dermaga dan beberapa infrastruktur lainnya program ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan desa. Sesuai dengan karakteristik dan potensi desa setempat.

Kabupaten Inhil dikenal dengan negeri hamparan kelapa dunia. Lebih dari 400 ribu hektare kelapa tumbuh di Inhil.

Namun kini kebun kelapa tersebut banyak yang sudah rusak karena intrusi air laut dan parit atau kanal yang sudah dangkal.

‎Melihat keadaan ini lewat program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) potensi perkebunan kelapa masyarakat setempat diperhatikan. Di Desa Pinang Jaya misalnya Sepanjang 3150 meter parit atau kanal dilakukan normalisasi dengan kedalaman 2,5 meter. 

"Selain untuk pembangunan program ini juga bisa diarahkan pada infrastruktur penunjang perekonomian masyarakat. Normalisasi parit atau kanal  didesa diperlukan untuk berbagai kebutuhan warga termasuk soal perkebunan kelapa," kata Kepala Desa Pinang Jaya Abdullah. 
Dengan panjang 3150 dan lebar 4 meter menggunakan angaran sebesar Rp,  380.067.500‎.

Dilaksanakan dengan sistem pemberdayaan. Secara umum pemerintah desa memang sedang konsen meperbaiki keadaan perkebunan rakyat sebagai penunjang perekonomian.

Lebih dari 70 persen masyarakat Inhil bermata pencaharian sebagai petani  Oleh karena program DMIJ diarahkan mendukung perbaikan perkebunan lewat normalisasi parit atau kanal yang ada di desa-desa.

‎Setelah dilakukan normalisasi parit yang dangkal kini telah dapat berfungsi secara baik. Pengairan ke kebun-kebun masyarakat berjalan dengan lancar,  masyarakat berharap kebun mereka dapat tumbuh dengan lebat sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat desa. (adv)
Share:
Komentar

Berita Terkini