-->

SUBHANALLAH BETAPA DAHSYATNYA '' FADILAH SERTA KEUTAMA'AN SURAH ALI IMRON AYAT 26-27 YANG MASIH JARANG DIKETAHUI

Publish: Redaksi ----

Al Qur’an tidak hanya menjadi mukjizat untuk Nabi Muhammad dikarenakan kita sebagai umatnya juga dapat merasakan fadhilah surat-surat yang ada pada Al Qur’an. Memang Kalamullah ini bukanlah bacaan biasa sehingga ada banyak keutamaan yang dapat dicapai bila kita teratur maupun bersungguh-sungguh dalam membacanya. 



Bukan sekedar berbuah pahala, untuk umat islam yang mendawamkan Al Qur’an bisa peroleh keutamaan lain. Hal itu juga diperkuat karenanya ada banyak hadist Rasulullah yang mengatakan tentang keutamaan satu ayat atau surat. Salah nya ialah surat Ali Imron ayat 26-27. 
Kalimat dalam ayat itu begitu familiar dalam telinga kita hingga apabila kita mesti menghafal, pastinya akan gampang untuk mengingatnya. 

Lantas apa sajakah keutamaan ataupun fadhilah dari surat Ali Imron ayat 26-27 itu??? 
1. Doa Akan Menjadi Lebih Cepat Diijabah 
Setiap saat serta setiap waktu kita kerapkali berdoa agar Allah memudahkan jalan hidup kita. Pasti hal sejenis ini tidaklah salah karena telah di terangkan bila Allah menyuruh kita untuk berdoa dan memohon kepadaNya. Walaupun itu, kerapkali kita menunggu-nunggu kenapa Allah belum juga mengabulkan doa kita hingga nampaklah satu keputus asaan dan jadikan kita malas untuk berdoa.
Rasuullah Shallallahu ‘Alaihi
Wasallam telah memberi langkah bagaimana agar Allah bisa lebih mengijabah doa yang kita panjatkan. Salah nya ialah dengan menyematkan kalimat dalam surat Ali Imran ayat 26-27 sama dengan sabdanya :

small;"> “Ismul A’dzom (nama Allah yang agung) yang mana jika seseorang memohon kepada Allah dengan nama tersebut, niscaya Allah akan mengabulkan permohonannya, yaitu ayat yang ada pada surat Ali Imron (26-27). ” (HR Thabrani)

2. Allah Memberikan Jalan Keluar Untuk Melunasi Hutang

Dalam kehidupan kadang kala berhutang pada orang lain telah menjadi kebutuhan dikarenakan pendapatan yg tidak mencukupi. Hutang juga semakin hari semakin membesar sehingga kita seringkali tidak dapat membayarnya. Sudah pasti kegelisahan akan melanda lantaran yang memberi hutang akan menagih haknya. Tetapi bila si penghutang adalah seseorang yg tidak toleransi, maka kita juga akan sering gelisah karena selalu dituntut untuk selekasnya melunasi hutang secepatnya.

Bila sudah seperti ini, maka berusaha serta berdoa menjadi satu-satunya jalan untuk dapat keluar dari jeratan hutang. Satu diantara yang Rasulullah anjurkan yaitu dengan mendawamkan surat Ali Imron ayat 26-27 seperti sabdanya pada sahabatnya, Muadz.

“Wahai Muadz! Maukah engkau kuajari satu doa yang mana kalau engkau memiliki tanggungan hutang sebesar gunung uhud, kemudian engkau berdoa dengan doa tersebut, niscaya Allah akan membayar hutangmu.

Ucapkanlah “ (QS Ali Imron 26-27) lalu katakan, “Wahai Dzat yang Maha Pemurah didunia dan di akhirat, yang Maha Penyayang didunia dan di akhirat, Engkau berhaq serta berkuasa memberikan keduanya pada orang-orang yang Engkau kehendaki serta Engkau juga berhaq dan berkuasa menghalangi dari keduanya pada orang-orang yang Engkau kehendaki. Ya Allah limpahkanlah kasih sayangMu kepadaku, sehingga aku tidak butuh lagi dengan kasih sayang dari selain Engkau. ” (HR Thabrani, Ibnu Abi Dunya)

Lihat keutamaan dan fadhilah surat Ali Imron ayat 26-27, jadi telah sewajarnya untuk kita mendawamkan dan menghafalnya hingga bisa kita gunakan dalam doa keseharian sesudah lakukan sholat harus.

Semoga Allah mempermudah permasalahan kita lewat kebesaran dan kemurahanNya. Aamiin

Share:
Komentar

Berita Terkini