-->

BUMDes Karya Mandiri Targetkan Peningkatan Laba

Publish: Redaksi ----
Laporan keuangan yang dilakukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi hal yang harus dilakukan oleh para pengurus sebagai wujud dari transparansi penggunaan dana dan Pertanggungjawaban terhadap masyarakat. 

Dari laporan pertanggung jawaban yang disebut dengan MDPT dapat diketahui kinerja dari Bumdesa mengenai keuntungan dan bersabar jumlah pemanfaat, dan jumlah dana yang beredar dilapangan termasuk jumlah tunggakan. 

Dari hasil MDPT yang diadakan Bumdesa Karya Mandiri, Desa Lahang Baru, Kecamatan Gaung diketahui jumlah keuntungan dari pengelolaan usaha yang ada di Bumdes pada tahun anggaran 2017 sebesar  Rp 18.505.005. Dengan jumlah pemanfaat 346 orang terdiri dari pria 201 dan perempuan 245 orang. 

BUMDes Karya Mandiri menargetkan peningkatan keuntungan pada tahun ini di tahun 2018, dengan melihat potensi yang ada didukung dengan pengelolaan yang baik dan akuntabel diprediksi peningkatan keuntungan dapat terjadi. 

"Mudah-mudahan ditahun yang akan datang atau pada pelaporan penggunaan dana di tahun 2018 ini, keuntungan dapat ditingkatkan lagi. Untuk itu, perlu dukungan dan kerja keras dari semua pengelola yang terlibat," kata Direktur Bumdes Karya Mandiri Amiruddin Zain. 

Adapun  jenis usaha yang bergulir nya dana terdiri dari, pengadaan, pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan dan industri kecil. Sektor _sektro lain yang potensial dan masih belum tergarap akan menjadi perhatian dari pihak BUMDes untuk mengembangkan unit usaha. 

"Kita akan fokus pada peningkatan keuntungan atau sisa hasil usaha, jika demikian sudah terwujud tidk menutup kemungkinan akan menambah unit baru yang juga berpotensi menambahkan keuntungan bagi BUMDes," sebutnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa H Yulizal saat hadir dalam MDPT, didampingi Kepala Bidang Pengembangan Usaha Ekonomi Desa - Teknologi Tepat Guna (UED - TTG) Raja Anwar memberikan apresiasi atas keberhasilan Bumdes dalam mengelola keuangan.adv
Share:
Komentar

Berita Terkini