-->

Sinergitas Pembangunan didesa Harus Ada

Publish: Redaksi ----
Dalam melaksanakan pembangunan yang  ada didesa, ada banyak cara yang dapat dilakukan, tidak hanya berasal dari sumber dana rutin yang diterima pemerintah desa dari pemerintah pusat dan dan daerah. Kepala desa harus mampu meraih dana lain seperti dana poker dari anggota DPRD.
Selain dana yang digunakan ada aspek penting yang harus diperhatikan dalam pembangunan yaitu sinergitas antara satu program dengan program lain. "Biasanya dalam setiap program ada anggaran yang sudah dibatasi," sebut seorang warga Tembilahan, Suparwan. 
Dari anggaran yang terbatas itulah perlu sinergitas untuk melengkapi dari kekurangan anggaran. Seperti dalam pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa, pembangunan infrastruktur yang ada akan disenergitaskan dengan program unggulan pemerintah daerah Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ). 
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa H Yulizal saat dikonfirmasi melalui Kepala Bidang Pembangunan Kawasan Pedesaan Yulida Purba, menjelaskan, dari TMMD yang diadakan ada sinergitas dengan program DMIJ, dimana jalan penghubung antara Desa Nusantara Jaya dan Desa Kembang Mekar Sari. 
"Jadi jalan penghubung antar desa itu yang ada dibangun lewat TMMD jumlah panjangnya akan ada disambung dengan pekerjaan lewat program DMIJ," terangnya. 
Pembangunan yang sudah dilakukan katanya berdasarkan hasil Musrenbangdesa dimana perangkat desa dan masyarakat berembuk memutuskan untuk membangun kawasan dimana harus menjadi target dari rencana pembangunan yang akan datang. 
" Rencana dari masyarakat desa didukung dengan ketersediaan anggaran, mudah-mudahan dapat terlaksana. Dalam setiap tahunnya sudah berjalan, untuk kedepannya kita tinggal menentukan sasaran pembangunan yang ada didesa," paparnya. (sya) 

Share:
Komentar

Berita Terkini