-->

Baznas Inhil Kembali Adakan Bedah Rumah Kaum Dhuafa

Publish: Redaksi ----


TEMBILAHAN - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Inhil kembali melakukan bedah rumah dhuafa bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Inhil serta dengan Tim Penggerak (TP) PKK Inhil, Selasa (25/9).

Kali ini rumah yang dibedah adalah milik Sarman dan Sarifah Mistawati, warga Jalan Sungai Beringin Lorong Kalimantan Kecamatan Tembilahan yang selama ini bekerja sebagai Tenaga Kebersihan di DLHK Inhil.

Dengan kondisi rumah yang belum begitu layak, Sarman tinggal bersama 6 orang anaknya yang masih kecil, dimana 3 anaknya masih SD dan 2 sudah SMP sementara anak yang paling bungsu belum bersekolah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Baznas Inhil, HM Yunus Hasby SAg MAg MH dan jajaran, perwakilan DLHK Inhil dan tenaga harian lepasnya, serta Ketua TP PKK Inhil diwakili wakil ketua dr Raihana Razak beserta pengurus, Camat Tembilahan dan Lurah Sungai Beringin.

Ketua Baznas Inhil, HM Yunus Hasby dalam sambutannya menyebut hari ini kita semua dengan rela hati memperjuangkan saudara kita yang masih dhuafa dengan ikhlas dan semangat.

"Zakat prinsipnya urusan pribadi sebagai orang yang diberikan kelebihan harta dan wajib mengeluarkan zakat. Soal potong gaji atau bayar 3 bulan sekali itu hanya teknis pembayaran saja," sebut Yunus Hasby.

Dijelaskannya, dalam hal pendistribusian Zakat, Allah SWT mengisyaratkan supaya terorganisir melalui Amil Zakat. Saat ini Amil juga telah diatur oleh negara melalui UU dan Perbup untuk Inhil sehingga negara bisa memberikan sangsi kepada para amil yang ditunjuk jika dalam pengelolaan keluar dari jalur yang seharusnya.

"Artinya negara tidak mencampuri urusan agama. Kami dalam hal pendistribusian terbatas dalam menemukan para asnaf penerima manfaat zakat, maka orang-orang lah yang ikut menyampaikan kepada Baznas," jelasnya.

Ketua TP PKK Inhil, diwakili Wakil Ketua dr Raihana Ara menyampaikan ingin terus kerjasama yang ada dengan Baznas Inhil terus dilanjutkan sehingga semua tujuan dan program bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Camat Tembilahan, H Ahmad Khusairi mengaku merasa bangga dengan adanya bedah rumah ini. Apalagi, khusus di Kecamatan Tembilahan tahun ini sudah ada 4 rumah masyarakat yang menjadi sasaran Baznas.

"Semoga ini akan memberi motivasi pada para pemberi zakat bahwa uang zakat yang disalurkan selama ini sudah ada bukti nyata yang dilakukan," harap Camat.

Sementara itu, Pemilik rumah, Sarman mengatakan dirinya mengucap rasa syukur yang dalam atas perhatian Baznas Inhil dan semua tim yang terlibat kepada keluarganya.

"Hanya doa yang bisa saya balas, semoga para pengurus Baznas, semua tim yang terlibat dan para pemberi zakat dimurahkan rezeki serta diberi kesehatan selalu," ungkap Sarman terharu. (Fahrin)

Share:
Komentar

Berita Terkini