-->

Ciri-ciri Air Isi Ulang Berbahaya dan Cara Mengetahuinya

Publish: Redaksi ----
Air adalah sumber kehidupan bagi manusia, bukan hanya manusia, tetapi semua yang bernyawa di Dunia ini pasti butuh yang namanya air. Semua pasti tak terlepas dari kebutuhan air. Seperti halnya kebutuhan air minum untuk kehidupan sehari-hari.

Di zaman modern ini, banyak sekali tempat yang menyediakan layanan depot pengisian air minum isi ulang yang seakan menjamur di masyarakat, beragam fasilitas yang digunakannya untuk menarik minat para pembelinya, mulai dari harga murah, layanan antar jemput, hingga diskon-diskon lainnya.

Banyak pembeli yang berlangganan dan berbondong-bondong mengisi ulang air minum untuk mendapatkan fasilitasnya. Tapi apakah anda pernah terpikir, dari manakah mereka mendapatkan air isi ulang itu, apalagi banyak yang menawarkan harga murah, sedangkan air yang dibeli cukup mahal. Semua itu adalah permainan para pemilik depot dan pengelola air. Kita hanya bisa menduga dan mencermati apakah air itu sehat untuk kita konsumsi, atau malah sebaliknya.

Berikut adalah ciri-ciri air minum isi ulang yang berbahaya, dan patut diwaspadai, seperti dilansir doktersehat.com (dimuat,25/08/2018) :


1. Airnya keruh

Proses penyulingan adalah kunci dari kualitas air tersebut. Apabila air tercemar maka air terlihat berwarna keruh atau bening, hal ini dikarnakan kandungan air terdiri dari partikel mikroba yang berada di dalam air.

2. Rasa air aneh dan sedikit bau

Sebelum minum, coba terlebih dahulu mencium airnya, jika air minum yang tercemar maka air mengeluarkan aroma tertentu. Hal ini bisa terjadi dikarenakan kngkinan besar sumber air minum berasal dari pipa logam seperti arsenik, kromium, atau timbal. Sehingga air minum tersebut tidak layak dan berbahaya untuk di konsumsi. 

3. Air minum yang tercemar meninggalkan noda

air minum yang tercemar, biasanya meninggalkan jejak pada benda-beda tertentu. Seperti air yang di bak mandi, maka meninggalkan karat, bisa jadi jika galon isi ulang anda kotor dan sedikit karat, maka sudah dipastikan air yan dikonsumsi tercemar oleh tembaga atau klorin.

Dari air yang tercemar, maka semuanya bisa berdampak bagi kesehatan anda, seperti yang di lansir dari doktersehat.com (dimuat, 25/07/2018) yaitu :

- Gangguan pencernaan seperti diare dan perut keram,

- masalah reproduksi, dll

Dan jika tetap dikonsumsi jangka panjang maka dapat menyebabkan kanker dan komplikasi

Oleh sebab itu, kita harus selalu waspada terhadap penggunaan air minum isi ulang, lebih baik mengeluarkan uang dengan sedikit lebih besar dari pada dampak yang di timbulkan melebihi apa yang dibayangkan, dan pilihlah tempat yang terpercaya untuk kebutuhan air minum keluarga anda. Semoga bermanfaat.
Share:
Komentar

Berita Terkini