-->

Lestarikan Budaya, Desa Simpang Gaung Adakan Pengajian Al-Barzanji

Publish: Redaksi ----

GAUNG -  Sebagai wujud Kecintaan dan  Rasa terima Kasih Kepada Rasul Allah ( SWT) yang  sangat mulia ini ialah  Nabi Muhammad SAW dan para keluarga dan sahabat atas perjuangan nya dalam membenahi Akhlak dan ke tauhidan Umat, Hal ini juga dapat  membangkitkan gairah masyarakat dalam melestarikan budaya Melayu yang punya norma agama.

Beberapa tokoh masyarakat Gaung seperti H. Raja Abdullah Aftahrim (ketua BPD Desa Simpang Gaung) dan Husni Amril (Ketua DPC LMR Kecamatan Gaung) beserta beberapa anggotanya membuka Majelis Belajar Al-barzanji, Guna untuk memudahkan dalam mengisi pelaksanaan beberapa upacara adat Melayu  dan  budaya Islam yang tak luput dengan pembacaan Al-barzanji.

Seperti Upacara Adat Melayu Naik Malam atau acara Cecah Inai Pengantin orang Melayu, acara Syukuran Becuko, dan dalam peringatan Hari Besar Islam,   Menurut Penuturan Ketua BPD Simpang Gaung H.R. Abdullah Aftahrim pengajian ini di adakan di dusun Simpang Luar Desa Simpang Gaung, ada 3 tempat yang rutin di kediaman saya H.R.Abdullah Aftahrim, di  Rumah Julak Mahidin, dan Rumah Pak Mok Amjad, 

"ngajar mengajar ini  sudah berlangsung lebih kurang 4 bulan bersama seorang Guru yang  berasal dari Desa Simpang Gaung  Arifin MZ, Saya berharap Dengan di aktifkan Pengajian Al-barzanji ini dapat memotivasi Generasi muda untuk Peduli mempelajari, menjaga dan melestarikan budaya Melayu yang punya norma agama in," kata HR abdullah. 

Agar dapat memudahkan upacara adat Melayu yang  ada di isi dengan pembacaan Al-barzanji, selain itu kata Abdullah di rumahnya juga telah membuka pengajian Al-Qur'an terbuka bagi siapa saja yang mau mengikuti nya.

Malejis ini juga di ikuti oleh beberapa suku yang ada di kecamatan Gaung  yang terpanggil hatinya untuk bergabung untuk melestarikan budaya lokal, seperti suku banjar dan jawa dan bugis. Sedangkan pengajian Al-Qur'an di ajarkan oleh Al ustadz Fachruddin yang juga berasal dari Desa Simpang Gaung.

Menanggapi hal ini kepala desa Simpang Gaung  Syamsul SSI sangat mendukung adanya kegiatan tentang keagamaan. Dia juga mengucapkan terimakasih kepada kepada,ketua BPD simpang gaung H.R abdullah aftahrim  yang telah menyiapkan tempat   belajar mengajar tentang ke agamaan di kediamannya dan juga terima kasih di sampaikan kepada  ketua (DPC) LMR kecamatan gaung Husni amril yang turut bekerja sama dalam belajar dan mengajar

Kepala Desa lagi lagi berharap bukan hanya 2 dusun aja yang mengikutinya  kedepannya semua dusun yang ada di Desa Simpang Gaung ini akan melaksanakn  yaitu ada 9 dusun  dan di laksanakan pelajaran pelajaran tentang ke agamaan mulai anak anak atau sudah dewasa  sampai orang orang tua tua kita  behrapa kegiatan kegamaan ini terus berkesinambungan agar kiranya terus menerus menuntut ilmu dengan sebaik baiknya  ( amiruddin)
Share:
Komentar

Berita Terkini