-->

Satgas Karlahut Gaung Berjibaku Penuh Semangat

Publish: Redaksi ----

GAUNG -Tim Satuan Tugas Karhutla Kecamatan Gaung berjibaku memadamkan api di kawasan kebakaran lahan diparit 15  dan parit 16 Dusun Sentosa Desa Simpang Gaung Kecamatan Gaung, Minggu (15/9) pagi.

Satgas Karhutla yang terdiri dari TNI, Polri, Manggala Agni, Regu Pemadam Kebakaran (  RPK) PT Mutiara Sabuk Khatulistiwa (MSK), Masyarakat Peduli Api (MPA) dan   kompak dan tak kenal lelah melakukan pemadaman diatas lahan gambut semak belukar yang terbakar dan merembet ke perkebunan kelapa milik masyarakat.

Jauhnya sumber air hingga membutuhkan banyak selang untuk menjangkau titik api, lahan yang bergelombang dan kencangnya angin yang berisi menjadi kendala petugas dalam memadamkan api 

Namun berkat kesigapan dan semangat tak kenal lelah yang mereka tunjukkan akhirnya api dapat dipadamkan  namun masih menyisakan asap dan perlu pendinginan.

Danramil 05 GAS, Kapten Arh Panca Prasetiyo mengatakan Tim Satgas pemadaman ini terdiri dari 59  orang  ,  terdiri dari 2 Personil TNI, 2 Personil Polri dari Polsek Gaung , 15 personil  MPA ( masyarakat peduli api)  dan 40  RPK, security   karyawan  PT. Mutiara  sabuk khtulistiwa  berjibaku  memadamkan  api  kebakaran lahan  yang terbakar di perkirakan kurang lebih 25 hektar 

Kami selaku aparat TNI bekerjasama dengan Polri mengucapkan terimakasih kepada PT MSK atas kerjasama dengan baik saling bahu membahu mulai dari pengecekan Hoshpot hingga melakukan pemadaman ini," katanya 


"Memang kami sudah diberi dan  perintahkan dari komando atas mulai dari jauh hari dimana ada titik api terpantau kami harus terjun kelapangan untuk memadamkan api, Namun kesadaran pihak PT MSK dan masyarakat setempat patut diapresiasi," ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Kapolsek Gaung Iptu Anwar melalui Kanit Reskrim Polsek Gaung Brigadir Polisi Indra Lesmana SH MH. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT MSK yang selalu komit terjun kelapangan membantu memadamkan kebakaran setiap ada Hotspot terpantau.

Ia berharap apa yang telah dilakukan PT MSK juga dapat dilakukan perusahaan lainnya maupun masyarakat. Ia berharap kepada semua pihak untuk sama-sama mencegah terjadinya karhutla.

"Kami himbau kepada masyarakat  maupun pihak Perusahaan yang ada agar sama-sama mencegah terjadinya karhutla, dan apabila ada Karhutla mari sama-sama kita tangani bersama," ujarnya.

Sementara itu Pihak PT MSK melalui  Forest protection Head, Edo mengatakan  PT MSK komit bersama TNI/POLRI untuk mengatasi apabila terjadi Karhutla  terutama diwilayah PT MSK dan sekitarnya.

Ia mengatakan Pihak PT MSK sejak bulan Agustus hingga sekarang ini tetap komitmen melakukan pemadaman api dan berusaha jangan sampai ada  kebakaran di wilayah PT MSK dan sekitarnya.

"Saya harapkan kepada masyarakat  untuk  sama-sama melaksanakan pemadaman kalau ada titik api segara kita lakukan pemadaman  hususnya diwilayah Kecamatan Gaung dan wilayah PT MSK 

 tambah Edo  harapannya Kecamatan Gaung bebas dari asap (amir)
Share:
Komentar

Berita Terkini