-->

Cara Memijit Payudara Agar Bermanfaat Bagi Kesehatan

Publish: Redaksi ----

Payudara sama pentingnya dengan bagian tubuh lain yang juga memerlukan perawatan dan perhatian. Sayangnya, bagian ini seringkali diabaikan.

Padahal, Anda bisa lho merawat payudara, sama seperti saat Anda menggunakan masker untuk wajah, berolahraga untuk mengencangkan seluruh tubuh atau bermeditasi untuk menenangkan pikiran Anda.


Salah satunya dengan melakukan pijatan payudara yang memiliki beragam manfaat. Sayangnya, tak banyak orang merasa nyaman dengan perawatan ini, karena membiarkan orang lain menyentuh payudara mereka.


Nah, ingin tahu apa saja manfaat pijatan payudara dan bagaimana Anda bisa melakukannya di rumah sendiri, berikut yang bisa Anda simak, dilansir dari Times of India.


1. Drainase limfatik


Banyak perempuan gagal memahami pentingnya menunjukkan cinta pada payudara mereka. Saat Anda mengenakan pakaian ketat seperti bra, gerakan cairan limfatik terhambat. Inilah sebabnya mengapa penting untuk merangsang daerah ketiak dan dada dan melancarkan cairan getah bening yang mandek.


2. Menjaga jaringan payudara tetap kenyal


Memijat payudara secara teratur juga mencegah payudaran mengalami kekenduran. Ini mengencangkan otot-otot payudara dan bisa membuat payudara semakin kencang.


3. Pencegahan kanker payudara


Sel-sel ganas bisa membentuk simpul di payudara Anda yang menyebabkan benjolan. Ketika payudara mengalami tekanan eksternal maka payudara mengembangkan tahap awal pembentukan simpul ini. Pijatan payudara dapat memaksa sel untuk kembali ke bentuk aslinya sehingga dapat membantu mengurangi risiko kanker.


Ketika Anda membiasakan diri untuk memijat payudara Anda, Anda akan lebih memperhatikan apakah ada sesuatu yang terasa berbeda di payudara, atau apakah payudara terasa sakit saat disentuh.


4. Bagaimana Anda bisa memijat payudara Anda di rumah


Jika Anda tidak nyaman dengan pijatan yanh dilakukan orang lain, jangan khawatir, Anda bisa melakukannya sendiri. Pijatan ini dapat dilakukan dengan atau tanpa minyak. Atau menghangatkan tangan Anda dengan menggosoknya.


Jika ingin menggunakan minyak, dusarankan untuk memilih minyak almond, wijen, jojoba atau jarak untuk mendapatkan manfaat maksimal. Anda juga perlu menemukan tempat yang tenang, di mana Anda dapat menikmati seluruh proses.


5. Cara Memijit Payudara Anda


Mandilah sebelum pijatan dan mulailah dengan lembut. Caranya letakkan tangan Anda di payudara dan pijat ke dalam dengan gerakan memutar. Jika Anda tidak ingin mandi, Anda bisa menghangatkan dada Anda dengan handuk panas.


Pijat payudara Anda dengan lembut namun kuat dengan gerakan memutar. Ini harus dilakukan dalam gerakan ke atas dan ke luar. Rangkaian pijatan ini harus mengarah ke wajah Anda dan kemudian ke arah garis payudara Anda. Lakukan ini 36 kali pengulangan baik ke atas maupun ke bawah.


6. Sesi akhir


Pertahankan tekanan dan ukur rasa sakit. Pastikan untuk menutupi seluruh kulit di atas dan bawah payudara serta ketiak Anda dengan minyak atau krim apa pun yang Anda gunakan. Anda juga harus memijat leher dan sisi tenggorokan Anda, lalu naik ke pangkal telinga.

https://www.suara.com/health/2019/11/18/200000/manfaat-melakukan-pijatan-payudara-yang-perlu-anda-ketahui
Share:
Komentar

Berita Terkini