-->

5 Manfaat Konsumsi Gula Merah, No 4 Bagus Untuk Jantung

Publish: Redaksi ----

Jika anda belum tau manfaat dari mengkonsimu gula merah maka simak saja Artikel berikut ini, karena tanpa anda sadari gula merah yang dikonsumsi bermanfaat bagi tubuh asalkan tidak berlebihan dalam konsumsinya ya.

Dibandingkan dengan gula pasir rasa gula merah jauh berbeda tentunya gula pasir yang berwarna putih,  akan tetapi gula pasir yang berwarna agak ke Abu-abuan rasanya hampir sama, jenisnya terbut dari kristalisasi air tebu.

Gula merah atau gula jawa adalah pemanis alami yang cukup populer di Indonesia. Meskipun gula jawa memiliki rasa yang sama dengan gula pasir, tetapi kandungannya berbeda.Gula putih umumnya terbuat dari kritalisasi cairan tebu dan memiliki jumlah kalori yang cukup banyak. Sedangkan gula merah, umumnya terbuat dari nira atau aren dan kalorinya lebih sedikit.


Gula merah memiliki beberapa kandungan, diantaranya zat besi, kalium, vitamin C, magnesium, dan fosfor. Banyak ahli yang mengatakan kalau gula merah jauh lebih sehat dibandingkan dengan gula pasir. Lalu apa manfaat gula merah untuk tubuh? Berikut ulasannya, sebagaimana dilansir dari Indozone.

Baik untuk Pencernaan

Warna cokelat pada gula merah mengandung serat yang baik untuk kesehatan. Serat tersebut memiliki kemampuan untuk mempromosikan pertumbuhan bifidobakteri dalam usus yang dapat mengatasi sembelit bahkan mencegah kanker usus.

Mencegah Anemia

Gula merah memiliki kandungan yang kaya zat besi dan folat. Kedua kandungan itu ampuh dalam mencegah terjadinya anemia.

Mengatasi Kelelahan

Karena kandungan zat besi dan folat yang tinggi, gula merah juga bermanfaat untuk mengatasi kelelahan, dan rasa lemas.

Menjaga Kesehatan Jantung

Gula merah mengandung asam amino non esensial seperti glutamin. Kandungan itu berperan menjaga kesehatan jantung dan fungsi otak.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh (Imun)

Gula merah sarat dengan antioksidan yang mampu menangkal efek buruk dari radikal bebas sekaligus mampu menjaga kekebalan tubuh. (*)

bertuahpos.com
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini