-->

Dua Orang Ini Didoakan Malaikat Saat Pagi Hari, Apakah Anda Termasuk?

Publish: Redaksi ----

Doa adalah senjatanya orang beriman, tak jarang hajat dan kesusahan yang dialami orang beriman menjadi terkabul seusai berdoa dengan khusu'kepada Allah SWT.  Bahkan dengan berdoa seseorang dapat merubah takdirnya dengan izin Allah.

Betapa besar kekuatan doa,  maka dari itu selain berdoa sendiri sebagian orang minta didoakan kepada orang lain. Misal minta doakan kepada orang tua karena doa orang tua kepada anaknya mustajab, adapula minta didoakan kepada ulama.

Meminta doa kepada seseorang yang kita yakini akan ke Mustajaban doanya tidak ada salahnya. Doa selain merupakan ibadah doa merupakan pengharapan dan menunjukan penghambaan kita kepada sang pencipta.

Selain manusia ternyata mahluk langit yang mulia dan tak pernah berbuat dosa yaitu malaikat ternyata juga berdoa kepada Allah SWT. Bahkan dia (malaikat) mendoakan manusia tertentu sesuai dengan kriterianya.

Malaikat adalah mahluk mulia, doanya mustajab dan dikabulkan oleh Allah SWT. Lalu bagaimana agar kita nggak cuma berpeluang buat didoakan oleh sesama manusia, tetapi kita juga berpeluang buat didoakan oleh malaikat?


Malaikat adalah makhluk mulia yang memiliki kedekatan dengan Allah Ta’ala, sebagaimana firmanNya,


يَشْهَدُهُ الْمُقَرَّبُونَ


“yang disaksikan oleh (malaikat-malaikat) yang didekatkan (kepada Allah).” (QS. Al-Muthaffifiin 83: Ayat 21)


Malaikat yang selalu taat pada perintah Allah Ta’ala dan tidak pernah bermaksiat, doa para malaikat tersebut adalah doa yang mustajab, benar-benar mudah diijabah dan dikabulkan oleh Allah Ta’ala. Lalu siapa saja orang-orang yang berkesempatan didoakan oleh malaikat.


Yaitu mereka mereka yang senantiasa ikhlas berinfaq dipagi hari sebagaimana Nabi shollallahu ’alaih wa sallam menggambarkan keuntungan yang bakal diraih seseorang yang rajin berinfaq di pagi hari sekaligus kerugian yang bakal dideritanya bilamana ia tidak peduli berinfaq di pagi hari.


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا
وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا (البخاري)


Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu sesungguhnya Nabi Muhammad shollallahu ‘alahi wa sallam bersabda: “Tidak ada satu subuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: “Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfaq”, sedangkan yang satu lagi berdo’a “Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya)” (HR. Bukhori 5/270)


Dan di dalamnya ada do’a Malaikat, sedangkan do’a Malaikat adalah sebuah do’a yang akan selalu dikabulkan dengan dalil sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : ‘Barangsiapa yang ucapan aminnya itu tepat dengan ucapan amin para Malaikat, maka diampuni dosanya yang telah lalu.”


Dan yang dengan dimaksud dengan infak, sebagaimana yang diungkapkan oleh para ulama, adalah infak dalam ketaatan, infak dalam akhlak yang mulia, infak kepada keluarga, jamuan tamu, shadaqah dan lain-lain yang tidak dicela dan tidak termasuk kategori pemborosan.


Dalam riwayat yang lainnya, Imam Ahmad, Ibnu Hibban dan al-Hakim meriwayatkan dari Abud Darda’ Radhiyallahu anhu, ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:


مَا طَلَعَتْ شَمْسٌ قَطُّ إِلاَّ بُعِثَ بِجَنْبَتَيْهَا مَلَكَانِ يُنَادِيَانِ، يُسْمِعَانِ أَهْلَ اْلأَرْضِ إِلاَّ الثَّقَلَيْنِ: يَا أَيُّهَا النَّاسُ هَلُمُّوْا إِلَى رَبِّكُمْ فَإِنَّ مَا قَلَّ وَكَفَى خَيْرٌ مِمَّا كَثُرَ وَأَلْهَى. وَلاَ آبَتْ شَمْسٌ قَطُّ إِلاَّ بُعِثَ بِجَنْبَتَيْهَا مَلَكَانِ يُنَادِيَانِ يُسْمِعَانِ أَهْلَ اْلأَرْضِ إِلاَّ الثَّقَلَيْنِ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَأَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا.


‘Tidaklah matahari terbit melainkan diutus di dua sisinya dua Malaikat yang berseru, semua penduduk bumi mendengarnya kecuali jin dan manusia, mereka berdua berkata: ‘Wahai manusia menghadaplah kalian kepada Rabb kalian, karena yang sedikit dan cukup itu tentu lebih baik daripada yang banyak tetapi digunakan untuk foya-foya. Dan tidaklah matahari terbenam melainkan diutus di antara dua sisinya dua Malaikat yang berseru, semua penduduk bumi mendengarnya kecuali jin dan manusia, mereka berdua berkata: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak, dan hancurkanlah (harta) orang yang kikir.’” (HR.Ahmad)


Tentu tidak ada satu manusiapun yang tidak ingin doa malaikat yang berlalu begitu saja tanpa menghampiri kita, untuk itu marilah berusaha menggalakkan berinfaq di pagi hari agar malaikat mendoakan kelapangan rizqi yang memang sangat kita perlukan untuk memperlancar ibadah, amal sholeh, da’wah dan jihad kita di dunia. Dan jangan biarkan ada satu pagipun yang berlalu tanpa berinfaq sebab itu sama saja kita mengundang kerusakan dalam hidup sebagaimana doa malaikat yang satunya di setiap pagi hari.


Ketahuilah, bukan banyaknya jumlah infaq yang penting melainkan kontinuitas-nya. Lebih baik berinfaq sedikit namun konstan terus-menerus daripada berinfaq dalam jumlah besar namun hanya sekali setahun atau seumur hidup. Orang yang selalu konsisten dalam berinfaq tidak bakal dipengaruhi oleh musim. Dalam masa paceklik, rugi, pailit tetap berinfaq, dalam masa panen tentu lebih pasti.


Wallahu a’lam



Share:
Komentar

Berita Terkini