-->

Gas LPG Naik, Yuk Beralih ke Kompor Listrik Lebih Hemat Praktis dan Ramah Lingkungan

Publish: Redaksi ----

Pemerintah berencana akan menaikkan harga gas subsidi tabung 3 kilogram,  kenaikan gas ini tentu akan berimbas pada pengeluaran rumah tangga sehari-hari karena Gas lpg biasanya digunakan untuk keperluan masak memasak didapur.

Jika termasuk orang yang dipusingkan ketika akan adanya kenaikan Gas LPG maka anda membaca Artikel yang tepat. Anda perlu melirik sumber energi lain untuk dapur anda. 

Seperti kompor listrik,  penggunaannya yang sederhana dan gampang serta tidak menimbulkan dampak karbon dioksida yang tidak mencemari lingkungan. Memasak dengan kompor listrik ditengarai lebih cepat dan panasnya merata. 

Dilansir dari taroada.com Keuntungan kompor listrik yang sangat mudah, membuat kompor jenis ini lebih digemari dibandingkan dengan kompor biasa. Barangkali penggunaan kompor listrik akan sangat mudah bagi anda yang telah lama menggunakannya. Namun akan beda cerita jika anda merupakan pengguna kompor dengan tenaga listrik ini.

Tidak perlu bingung, karena biasanya setiap pembelian kompor listrik akan disertai buku panduan mengenai cara menggunakan kompor listrik tersebut. Namun jika anda merasa buku panduan tersebut kurang begitu jelas. Berikut tips menggunakan kompor listrik untuk pemula yang perlu anda ketahui:

Setelah memastikan kompor siap. Anda bisa langsung meletakkan panci atau wajan di atas kompor. Masukkan setelah wajan atau panci siap memasak, dan tunggu sampai kompor listrik bekerja memanaskan masakan anda.

Perhatikan mengenai cipratan minyak atau air pada jatuh pada atas kompor yang mungkin terjadi saat proses memasak. Jika memang terjadi, segera bersihkan agar tidak berbahaya.

Setelah selesai memasak, jangan lupa segera matikan atau nonaktifkan kompor tersebut. Matikan kompor listrik dengan cara memutar tombol power ke posisi yang menunjuk ke tulisan OFF atau mati. Selanjutnya, segera lepas kabel kompor yang tadi telah terhubung pada stop kontak listrik. Hal tersebut harus segera dilakukan agar tidak memboroskan penggunaan listrik di rumah anda.

Step yang terakhir, anda bisa langsung membersihkan kompor listrik. Untuk membersihkannya, anda bisa menggunakan kain microfiber yang basah. Usap seluruh permukaan kompor listrik secara perlahan. Lakukan usapan berulang-ulang sampai kompor anda kembali bersih.

GM PLN Riau Kepri Irwansyah Putra mengatakan banyak kelebihan dan manfaat dari kompor listrik dibandingkan gas.

"Pertama kompor ini lebih aman, terutama untuk anak-anak karena permukaannya saat disentuh tidak panas," katanya saat kegiatan sosialisasi kompor listrik bersama Dharma Wanita Provinsi Riau di Pekanbaru, Jumat (26/4/2019) dikutip dari bisnis.com

Lalu kelebihan selanjutnya yaitu ramah lingkungan. Kompor listrik atau induksi menurut Irwansyah tidak mengeluarkan emisi berupa karbondioksida.

Setelah itu dari segi tampilan, kompor listrik dinilai lebih elegan dan mudah dibersihkan karena terbuat dari bahan kaca.

Untuk proses memasak dengan kompor listrik, pihaknya mengklaim akan lebih cepat karena listrik akan menginduksi alat masak yang digunakan, bukan kompornya.

"Suhu dapat diatur dengan cepat dan mudah. Terakhir kompor ini praktis, mudah dibawa dan untuk memakainya tinggal mencolokkan ke kontak listrik," katanya.

Sementara itu Manajer SDM dan Umum PLN Riau Kepri Vick Nawan menambahkan, kompor listrik akan memberikan penghematan biaya dibandingkan kompor gas.
 
"Kalau dihitung perbandingan kompor gas dengan induksi atau listrik itu jauh lebih irit kompor listrik. Misal memasak air 10 liter bila memakai gas akan menghabiskan biaya Rp2.471 sedangkan kompor listrik hanya menghabiskan biaya Rp1.426," katanya.

Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini