-->

Kelompok Tani di Inhu, Jadikan Lokasi Budidaya Ikan Sebagai Tempat Wisata

Publish: Redaksi ----

INHU - Kelompok Tani Rimpian Makmur, di Desa Rimpian, Kecamatan Lubuk Batu Jaya (LBJ), Kabupaten Indragiri Hulu  Provinsi Riau, salah satu kelompok tani budidaya Ikan yang di unggulkan di Kabupatenindragiri Hulu. 

Bahkan kelompok tersebut mendapatkan bantuan satu unit alat berat dari kementrian perikanan dan pertanian pada tahun 2017 untuk mengembangkan kolam budidaya ikan.

Saat ini Kelompok Tani Rimpian Makmur sudah memiliki beberapa kolam aktif yang berisi beberapa jenis ikan, seperti , ikan Gurami, patin dan nila. Dalam waktu dekat ini, Kelompok Tani akan mengembangkan kolam, dengan membuka lahan seluas lebih kurang dua hektar di lokasi yang sama, hal tersebut bertujuan pengembangan lokasi pembudidayaan ikan sebagai tempat wisata.

Ketua Kelompok Tani, Khairul Ali yang di dampingi sekertaris Kelompok Zamrizal mengatakan, pihaknya akan menyulap lokasi budidaya ikan sebagai tempat wisata.

"Kita akan terus kembangkan kelompok tani ini, hal tersebut merupakan komitmen kami sebagai pengurus kelompok. Apalagi kita sudah di bantu alat berat dari kementrian, dari seluruh kelompok tani di Indonesia, salah satu nya kelompok yang mendapat bantuan alat dari kementrian adalah kelompok tani Rimpian Makmur di kecamatan Lubuk Batu Jaya, jelas Khairul Ali.

Ditambah Sekertaris Kelompok Zamrizal, saat ini pihak kelompok juga terus mengembangkan dan membangun kolam serta membenahi fasilitas.

Dari pantauan lokasinya kelompok budidaya ikan cukup memiliki potensi untuk dijadikan wisata, pasalnya posisi keberadaan kolam persis disamping Ruang Terbuka Hijau (RTH) Desa Rimpian. Sementara luas kolam 2.500 meter persegi.

Baru baru ini pihak pengurus kelompok Tani Rimpian Makmur mengadakan perlombaan memancing di kolam dengan menyediakan beragam hadiah, mulai dari tropi maupun hadiah utama berupa uang tunai.

Sekali-kali kita juga adakan even besar lomba mancing dilokasi ini, bahkan setiap hari Kamis atau Minggu kita juga membuka untuk pemancingan serentak dengan dikenakan tarif, dari kolam tersebut, selain itu adanya kelompok tani ini bisa meningkatkan SDM dan perekonomian masyarakat, di dalam kelompok memiliki 25 anggota. Dikolam juga memiliki 1 unit keramba budidaya ikan gurami, ucapnya,saat dikonfirmasi.

Tidak hanya sebagai tempat berwisata atau tempat pemancingan, ditempat lokasi tersebut pengunjung juga bisa mendapatkan edukasi tentang cara budidaya ikan patin. (js)


Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini