-->

Kemenpan-Rb Tak Persoalkan Gubernur Riau Lantik Keluarga Jadi Pejabat

Publish: Redaksi ----

JAKARTA - Adanya protes dari sebagian kalangan yang ada di Provinsi Riau terkait pelantikan pejabat elelon III dan IV oleh Gubernur Riau karena dinilai memasukkan anggota keluarga ternyata mendapat tanggapan yang berbeda dari Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara - Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo. 

TJahjo tidak mempersoalkan ada beberapa anggota keluarga dari Gunernur dan Sekda yang menjadi pejabat  karena menurutnya hal itu sudah benar dan melalui prosedur yang tepat. 

Menurut Tjahjo, selama proses rekrutmen dilakukan tanpa adanya praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), hal tersebut sah. Ia juga menyampaikan Gubernur Riau telah melaporkan hal itu kepada Kementerian PAN-RB.

Jika prosedurnya sudah benar, maka jangan dilihat anak siapa dan bapaknya siapa. Jika memang kompeten sesuai dengan prosedur. 

"pergantiannya seizin Menteri Dalam Negeri, kemudian dari Komisi Aparatur Sipil Negara untuk bisa memilih, saya kira tak ada masalah," kata Tjahjo kepada media seusai bertemu dengan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin di Kantor Wakil Presiden RI, Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (14/1).

Dalam pengangkatan ASN, Tjahjo menekankan aturan-aturan tersebut harus dipenuhi. Selain itu, jenjang karir dan kepangkatan tidak boleh dikatrol serta usia tidak boleh dinaikkan. Pengangkatan pejabat, imbuhnya, tidak boleh menabrak aturan itu.

"Sepanjang sesuai aturan, silakan. Kami tak melihat itu orang daerah mana, agama apa, suku apa, anak siapa," ucap MenPAN-RB.

Proses pergantian pimpinan pejabat oleh Gubernur Riau, terang Tjahjo, sudah sesuai aturan dan seizin Menteri Dalam Negeri. Kemudian dalam proses rekrutmennya juga melibatkan KemenPAN-RB.

"Saya sampaikan jangan ada KKN, semua ikuti mekanisme dengan baik," tukasnya.

Seperti yang diberitakan Media Indonesia pada 9 Januari 2020, Syamsuar bersama Sekda Riau melantik keluarganya sebagai pejabat di Pemprov Riau. Belum genap satu tahun, ia melantik keluarganya yaitu istri, abang, adik dan menantu menjadi pejabat Riau.

Pemprov Riau telah melantik 737 pejabat dan diambil sumpah untuk mengisi jabatan eselon 3 dan 4, serta pejabat fungsional seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Riau. Termasuk beberapa pejabat pindahan dari kabupaten dan kota di Riau. Di antara pejabat yang dilantik itu terdapat anggota keluarga Gubernur Riau dan Sekdaprov Riau.

Menantu Gubernur Riau, Tika Rahmi Syafitri, dilantik sebagai Kepala Sub Bagian (Kasubag) Retribusi di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Riau. Selanjutnya istri Sekdaprov Yan Prana Jaya yakni Fariza juga dilantik sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau. Fariza sebelumnya merupakan staf BKD Riau.

Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini