-->

Bisa Buat Masker, Sekretaris Kesbangpol Inhil Marlis Syarif Apresiasi Desa Sungai Raya

Publish: Baden Arul ----

TEMBILAHAN - Mendukung pemerintah dalam hal pencegahan penyebaran Covid-19, khususnya di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kepala Desa Sungai Raya Kartini melakukan usaha produksi masker berbahan kain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat ditengah pandemi Covid-19 yang kini sedang merebak.

Kepala Desa Sungai Raya Kartini menuturkan kepada Media bahwa yang menjadi kendala di masyarakat sekarang adalah  sulitnya masyarakat mendapatkan masker di toko-toko dan apotik.

"Saat ini, pemerintah gencar mensosialisasikan pemakaian masker untuk pencegahan Covid-19, namun ketersediaan masker saat ini sangat minim. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk memproduksi sendiri," sebutnya kepada Media,  Selasa (07/04/2020).

Kartini juga menjelaskan bahwa masker yang diproduksi merupakan hasil produksi dari ibu-ibu PKK di Desa Sungai Raya, Kecamatan Batang Tuaka.


"Awalnya, masker yang kami produksi hanya untuk masyarakat Desa Sungai Raya, namun seiring berjalannya waktu, ada beberapa pesanan dari instansi pemerintah," sebutnya.

Lebih lanjut, Kartini menyebut bahwa masker yang di produksi nantinya akan dipasarkan dengan harga yang cukup terjangkau yakni Rp. 3.000/lembar dan Mengenai harga tergantung dari model dan motif pesanan

"Masker yang kita produksi akan kita pasarkan dengan harga terjangkau. Hasil penjualan tersebut setidaknya dapat membantu para pembuat masker tersebut sebagai uang lelah," jelasnya.

Tambahnya, saat ini pesanan masker datang dari kalangan pemerintah seperti Bupati, Wakil Bupati, Kesbangpol, Inspektorat dan lain-lain.

"Alhamdulillah, tadi baru antar pesanan dari ibu Bupati dan Wakil Bupati serta Kesbangpol Inhil," ujarnya.

Ia juga menyebutkan bahwa alat yang minim dan masih menggunakan mesin yang manual menjadi kendala dalam produksi masker tersebut.

"Alat yang kita gunakan masih manual, sehingga produksi kita maksimal sehari hanya 100 pcs. Tapi Alhamdulillah dengan alat yang seadanya ini bisa memproduksi masker yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kesbangpol Inhil Marlis Syarif mengapresiasi dan berharap agar langkah yang dilakukan oleh Kades Sungai Raya tersebut dapat di contoh Kades-kades yang lain.

"Semoga apa yang dilakukan ibu Kepala Desa Sungai Raya ini dapat dicontoh oleh masyarakat luas untuk ikut memproduksinya sebagai upaya bersama dalam membantu persediaan masker dan sebagai upaya  menanggulangi penularan dan memutus rantai Covid-19, khususnya di Kabupaten Inhil " ujar Marlis Syarif.

Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini