-->

Ujicoba Remdesivir Sukses, Vaksin COVID-19 Sudah di Depan Mata

Publish: Redaksi ----

INDRAGIRIPOS.COM - Pakar virus corona asal Korea Selatan menyatakan penemuan vaksin COVID-19 kemungkinan bisa lebih cepat dari waktu yang ditentukan. Ini disebabkan karena ujicoba vaksin remdesivir yang dibuat Gilead Sciences menemukan titik terang.

Dokter Kim Woo Joo, yang memimpin penelitian di Korea Selatan terhadap vaksin COVID-19 dan kasus Middle East Respiratory Syndrome (MARS) pada 2015, optimis tentang ketersediaan vaksin COVID-19 dalam waktu yang tak terlalu lama.

Ia mengatakan bukti tentang efektivitas remdesivir, antivirus eksperimen yang dikembangkan untuk mengobati Ebola serta AbbVie’s Kaletra, obat anti-HIV; atau obat-obatan lain mungkin dapat dilakukan lebih cepat.

“Jika semuanya berjalan dengan baik, saya berharap bahwa efektivitas obat-obatan ini akan dibuktikan secara ilmiah dalam tiga hingga empat bulan,” ujar Profesor Penyakit Menular di Rumah Sakit Guro University Korea tersebut.
Melansir dari South China Morning Post, Sabtu (19/4/2020), belum lama ini Kim bertemu dengan Presiden Masyarakat Korea, Thomas Byrne. Ia mengatakan bahwa Rumah Sakit Universitas Seoul dan Institute Alergi dan Penyakit Menular Nasional menjadi pemain kunci dalam pembuatan vaksin.

Dokter Anthony Fauci yang memimpin penelitian berkolaborasi untuk menguji redemsivir yang muncul pada pekan ini sebagai opsi pengobatan COVID-19. Situs berita kesehatan dan medis, STAT melaporkan bahwa salah satu rumah sakit di Chicago menggunakan remdesivir untuk mengobati pasien COVID-19 yang parah.

Mereka melihat adanya pemulihan yang cepat pada gejala demam dan pernapasan. Kabar baiknya, sebagian besar pasien diizinkan keluar dari rumah sakit dalam kurun waktu satu minggu. University of Chicago Medicine merekrut 125 orang positif COVID-19 ke dalam uji klinis fase-3 Gilead. Mereka memberi pasien infus remdesivir setiap harinya.

Dari penelitian pasien tersebut, 113 orang memiliki gejala parah. Keberhasilan ujicoba vaksin COVID-19 ini membuat harga saham Gilead melonjak hampir 15 persen dalam perdagangan setelah jam kerja. Saham mereka akhirnya ditutup dengan kenaikan 9,7 persen lebih tinggi pada Jumat 17 April 2020.

Sumber: FAJAR
https://fajar.co.id/2020/04/18/ujicoba-remdesivir-sukses-obat-covid-19-sudah-di-depan-mata/
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini