Berteman Dengan Buaya 4 Meter, Ambo Warga Guntung Tak Merasa Takut Sedikitpun

Publish: Redaksi ----

INDRAGIRIPOS.COM - Buaya adalah hewan liar predator buas di air. Bahkan terkadang dalam beberapa kasus buaya kerap menerkam manusia. Tapi siapa sangka ada buaya yang jinak pula, buaya ini bukan tinggak dikebun binatang melainkan dialam liar. 

Video yang viral baru-baru ini memperlihatkan sosok buaya datang menghampiri seorang pria dan meminta makan menghebohkan nitizen. Pria itu adalah Ambo tinggal di Desa Guntung. 

Pria berumur 50 tahun itu hari-harinya sangat akrab dengan predator berukuran 4 meter itu.

Buaya betina itu diberi nama Riska. Pertama kali perjumpaan mereka saat Ambo dikontrak oleh salah satu perusahaan BUMN yang berada tidak jauh dari tempat tinggalnya.

“Saya waktu itu dikontrak perusahaan, kebetulan bertugas di muara laut dan waktu itu saya lihat ada buaya, kemudian saya beri makan. Sejak saat itu, buaya tersebut sering datang untuk meminta makan,” kata Ambo, warga Desa Guntung, Bontang, Kalimantan Timur, Jumat (12/6/2020).
 
Sejak saat itu Riska selalu mendatanginya untuk meminta makan. Ambo menyebut 14 tahun sudah dia rutin memberi makan buaya muara itu.

“Sudah 14 tahun buaya itu hidup berdampingan, buaya betina yang kini berusia 23 tahun dan sudah saya anggap seperti anak sendiri,” kata Ambo.

“Nggak tahu, kayak ada kontak batin saja. Kalau dua hari nggak lihat, pergi itu aku cari dia di muara, main-main sebentar, baru aku pulang, bahkan kami sering komunikasi lewat mimpi,” tambahnya.

Ambo mengaku tidak pernah hitung-hitungan soal makanan yang telah diberikan kepada buaya jinak tersebut. Meski pekerjaannya sebagai nelayan tak menentu, ia kerap memberikan makan berupa ayam dan ikan, yang tak sedikit.

“Riska pernah tidak masuk ke sini sampai sebulan lamanya setelah saya kasih makan terlalu banyak. Habis itu saya selalu memberi makan secukupnya agar dia bisa datang setiap hari,” kata Ambo.

Ambo meyakini buaya muara itu sudah punya dua anak. Dua buaya kecil kerap mengikuti ke mana Riska pergi.

“Beberapa kali memang tampak ada dua buaya yang sering mengikuti Riska. Namun saat ini dua buaya yang belum sampai setahun umurnya ini belum terlihat, mungkin karena banyaknya orang di sini, membuat buaya ini khawatir,” kata Ambo.

Ambo mengaku sangat peduli terhadap buaya itu. Dia bertekad akan selalu memberi makanan kepada Riska.

“Rasa sayangnya sudah tidak mampu diungkapkan dengan kata-kata. Selama saya masih bisa, masih sehat, ya saya terus rawat dia,” tutupnya.

Sebelumnya, video yang memperlihatkan seekor buaya besar menghampiri dan meminta makan kepada warga di Kalimantan Timur (Kaltim) viral di media sosial. Ambo adalah sosok yang ada di video itu. sumber: detikcom
Share:

Read Also:

Share:
Komentar

Berita Terkini